sign up SIGN UP

LIFE

6 Diet Terpopuler yang Sehat & Worth It Buat Kamu Coba

Anindya Milagsita | Jumat, 02 Apr 2021 07:00 WIB
6 Diet Terpopuler yang Sehat & Worth It Buat Kamu Coba
caption

Buat mendapatkan badan yang ideal dan sesuai keinginan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan diet secara rutin. Berbagai macam jenis diet pun hadir yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Tapi ternyata ada beberapa diet yang cukup populer dan banyak diminati, Ladies.

Dilansir dari nutritiouslife.com ada 6 macam diet populer yang bisa kamu coba. Yuk simak pilihan metode diet sehat lewat artikel berikut!

Ketogenic Diet

Diet Keto yang menjadi salah satu diet populer dan banyak diikuti para wanita.
Jenis Diet Populer/sumber: freepik.com/

Kalau sebagian diet menyarankan buat menghindari konsumsi lemak, diet yang satu ini justru sebaliknya, Ladies. Eits, tapi lemak yang dimaksudkan adalah lemak baik. Ketogenic diet atau diet Keto ini mengusung konsep mengonsumsi makanan rendah karbohidrat tapi justru cukup banyak lemak baik.

Diet Keto ini meminimalkan karbohidrat dan menggantinya dengan rutin mengonsumsi lemak baik. Seperti berbagai makanan yang mengandung protein, misal telur, bacon, ataupun salad steak. Selain itu, kamu juga bisa menyeimbangkan kandungan karbohidrat yang secara alami berasal dari sayur-mayur, buah-buahan, polong-polongan, dan juga kacang-kacangan.

Mediterranean Diet

Mediterannea diet yang memadukan makanan dengan virgin olive oil.
Jenis Diet Populer/sumber: freepik.com/

Next, ada diet populer yang terinspirasi dari pola makan tradisional orang-orang yang tinggal di laut Mediterania, Ladies. Bernama Mediterranean diet yang menekankan kebiasaan konsumsi makanan dengan kandungan nabati. Seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan segar, dan virgin olive oil.

Prinsip diet Mediterania ini mengacu pada tiga poin utama yaitu makanan utuh, banyak sayuran, dan juga lemak sehat. Selain membantu mengurangi berat badan, penerapan diet yang satu ini juga bagus untuk kesehatan lho. 

Paleo Diet

Paleo diet yang masih berkerabat dengan Keto.
Jenis Diet Populer/sumber: freepik.com/

Nah kalau diet yang satu ini justru terinspirasi dari nenek moyang yang dahulu menerapkan gaya hidup sehat dengan makanan yang tentunya menyehatkan juga. Selain itu, penerapan gaya hidup sehat oleh nenek moyang terdahulu juga meminimalisir munculnya penyakit kronis yang seringkali dihadapi kita di masa sekarang. 

Paleo diet berfokus pada konsumsi daging dan ikan berkualitas tinggi yang diimbangi dengan banyak sayuran. Selain itu, diet sehat yang satu ini juga mengharuskan seseorang untuk menghindari makanan olahan lho. Pola hidup sehat yang diterapkan pada diet Paleo bagus untuk menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan jangka panjang.

[Gambas:Instagram]

Vegan Diet

DIet vegan yang populer dan banyak dicoba.
Jenis Diet Populer/sumber: freepik.com/

Diet populer yang satu ini cukup familiar dan mungkin pernah kamu dengar, Ladies. Vegan diet atau diet Vegan mengharuskan seseorang untuk menghindari segala makanan atau minuman yang berasal dari hewan. Termasuk daging, keju, bahkan madu sekalipun.

Dibandingkan mengonsumsi makanan atau minuman yang berasal dari hewan, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Lewat diet sehat yang satu ini kamu bisa mencukupi kebutuhan protein, karbohidrat, sekaligus lemak sehat lho.

Macrobiotic Diet

Diet macrobiotic yang mengusung konsep yin dan yang seimbang.
Jenis Diet Populer/sumber: freepik.com/

Diet populer yang satu ini terinspirasi dari gaya makan ala Jepang yang menggambarkan konsep seimbang layaknya yin dan yang. Setiap satu piring yang kamu santap disarankan untuk seimbang. Seperti misalnya ada makanan yang berasal dari laut, berarti harus ada makanan dari darat.

Salah satunya dengan memadukan sayuran dan kacang-kacangan dengan ikan ataupun rumput laut. Bernama Macrobiotic diet yang masuk dalam salah satu diet sehat yang layak dicoba. Saat menerapkannya kamu juga disarankan untuk memerhatikan banyaknya protein yang didapat.

Carb Cycling

Diet Carb Cycling yang menyeimbangkan konsumsi karbo.
Jenis Diet Populer/sumber: freepik.com/

Last but not least, ada Carb Cycling yang masih berkerabat dengan diet Keto. Alih-alih menghindari konsumsi karbohidrat, diet populer yang satu ini justru menyeimbangkan konsumsi karbohidrat lho. 

Caranya dengan menerapkan siklus asupan rendah karbohidrat dan tinggi karbohidrat. Diet ini bisa menggabungkan banyak lemak baik dan protein di hari-hari tertentu, lalu karbohidrat di hari yang lain. 

Nah, itu tadi deretan diet populer yang layak untuk dicoba, Ladies. Meskipun begitu, sebelum menerapkan berbagai pilihan diet di atas pastikan kamu telah berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli gizi ataupun personal tranner agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih aman saat menjalaninya. Selamat mencoba!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id