sign up SIGN UP

LIFE

5 Makanan yang Ampuh Redakan Nyeri Haid, Dijamin Nyaman Saat Beraktivitas

Dian Aprilia | Rabu, 07 Apr 2021 16:30 WIB
5 Makanan yang Ampuh Redakan Nyeri Haid, Dijamin Nyaman Saat Beraktivitas
5 Makanan yang Ampuh Redakan Nyeri Haid/ foto: pexels.com

Tak bisa dipungkiri, kram saat haid adalah gangguan yang menyebalkan bagi wanita. Rasa sakit yang teramat di bagian perut dan terkadang menjalar ke punggung, membuat wanita tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik. Bahkan, ada kalanya kamu harus tidur dan berbaring di kamar sepanjang hari karena saking sakitnya.

Hal ini bisa disebabkan karena berbagai hal, mulai dari faktor usia, genetik, berat badan, kebiasaan merokok dan minum alkohol, dan berbagai kondisi kesehatan lainnya. Tapi tenang, berikut beautynesia.id telah merangkum 5 makanan yang ampuh redakan kram saat haid: 

Susu dan Yoghurt

Susu dan yoghurt
Susu dan yoghurt/pexels.com

Minuman pertama yang bisa menolong saat kram haid adalah susu dan yoghurt. Keduanya merupakan minuman yang merupakan sumber kalsium sehingga efektif untuk meredakan nyeri saat haid.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Cytotechnology 2011, kandungan Lactobacillus gasseri pada yoghurt efektif mengurangi nyeri haid. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa mengatasi endometriosis, salah satu kelainan yang menyerang sistem reproduksi wanita.

Jahe

Jahe
Jahe/pexels.com

Makanan selanjutnya yang bisa mengatasi kram saat haid adalah jahe. Kamu bisa menyeduhnya dengan air panas dan diminum selagi hangat. Jahe efektif untuk mengatasi nyeri saat haid karena mengandung sifat antiinflamasi alami yang berperan untuk mengurangi rasa sakit. Kamu bisa mengombinasikan jahe dengan teh untuk jadi minuman wajib di setiap datang bulan.

Pisang

Pisang
Pisang/pexels.com

Buat kamu yang mager dan ingin makanan yang praktis, buah pisang bisa menjadi pilihan yang tepat. Pisang mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Seperti halnya potassium, mangan, magnesium, folat, vitamin B6, kalium dan serat yang tinggi.

Kandungan vitamin B6 dan juga kalium yang terdapat dalam pisang dikenal ampuh mengobati kram perut selama menstruasi. Jadi sebaiknya, sediakan pisang di rumah jika mendekati jadwal menstruasi ya.

Oatmeal

Oatmeal
Oatmeal/pexels.com

Siapa yang suka makan oat? Selain bagus untuk diet, oatmeal juga bermanfaat untuk mencegah nyeri saat haid. Oatmeal mengandung berbagai nutrisi yang bagus untuk tubuh, seperti halnya lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, zinc dan magnesium.

Diketahui kandungan zinc dan magnesium ampuh meringankan nyeri saat haid. Kamu bisa mengombinasikan oatmeal dengan buah pisang atau buah lainnya agar lebih enak saat dimakan.

Teh Camomile

Teh camomile
Teh camomile/pexels.com

Minuman selanjutnya yang ampuh untuk cegah nyeri haid adalah teh camomile. Teh dengan aroma yang menyegarkan seperti buah apel ini memiliki efek relaksasi. Jadi saat kamu meminumnya, bisa mengurangi stres akibat nyeri haid. Selain itu teh ini juga efektif untuk merilekskan otot serta mengurangi kram perut. Kamu bisa kombinasikan dengan madu, kayu manis, jahe bergantung dengan selera.

Itulah 5 jenis makanan dan minuman yang ampuh cegah dan atasi nyeri haid. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id