sign up SIGN UP

5 Makanan yang Disarankan untuk Kulit Berminyak Supaya Nggak Breakout Lagi

Budi Rahmah Panjaitan | Selasa, 20 Jul 2021 10:00 WIB
5 Makanan yang Disarankan untuk Kulit Berminyak Supaya Nggak Breakout Lagi
caption

Kulit berminyak merupakan kondisi di mana wajah memproduksi sebum terlalu banyak. Apabila sebum dan berbagai kotoran yang berasal dari lingkungan sekitar, menempel, dan menjadi satu, maka berpotensi menimbulkan jerawat dan kulit menjadi breakout. Agar hal ini bisa diminimalisir, perlu perhatian lebih terhadap asupan makanan yang dikonsumsi.

Karena sejatinya, makanan akan berpengaruh terhadap kondisi kulit. Dikutip dari Healthshots, makanan dan kulit memiliki ikatan yang erat. Asupan yang dimakan bisa mempengaruhi tampilan kulit, tidak terkecuali untuk area wajah.

Untuk itu, mengonsumsi makanan-makanan yang bisa mengontrol produksi minyak menjadi sangat disarankan. Lantas, apa saja makanan yang disarankan untuk kulit berminyak supaya tidak breakout? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Mentimun

Mentimun baik untuk tipe kulit berminyak/ Foto: Freepik.com
Mentimun baik untuk tipe kulit berminyak/ Foto: Freepik.com

Makanan pertama yang disarankan untuk kulit berminyak adalah mentimun. Buah yang satu ini mengandung 95 persen air sehingga memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi.

Hal ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Fitoterapia yang mencatat bahwa mengonsumsi mentimun dapat memberikan efek menenangkan pada kulit, membersihkan dan menghilangkan racun serta kotoran. Hal ini tentu saja relevan untuk dijadikan solusi karena bisa meminimalkan penyebab breakout, semisal kotoran yang menumpuk dan lain sebagainya.

2. Brokoli

Brokoli mengandung antioksidan yang baik untuk kulit berminyak/ Foto: Freepik.com
Brokoli mengandung antioksidan yang baik untuk kulit/ Foto: Freepik.com

Selanjutnya ada brokoli yang tidak kalah recommended untuk dikonsumsi oleh Beauties yang tipe kulitnya berminyak. Brokoli kaya akan kandungan vitamin A dan C yang dikenal baik untuk kulit. Selain itu, terdapat pula kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas sehingga kulit lebih terlindungi.

Antioksidan yang ada dalam brokoli juga dapat mencegah produksi minyak berlebih. Namun satu hal yang harus diingat saat mengonsumsinya adalah jangan memakan brokoli dalam kondisi mentah. Sebaliknya, masaklah dengan cara semi rebus. Hal ini dilakukan, guna mencegah terjadinya masalah-masalah lain yang mungkin terjadi.

3. Lemon

Lemon membantu menyerap minyak berlebih sehingga baik untuk kulit berminyak/ Foto: Freepik.com
Lemon membantu menyerap minyak berlebih/ Foto: Freepik.com

Buah dengan rasa asam yang segar ini kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk kulit berminyak. Lemon memiliki kecenderungan untuk menyerap minyak sehingga bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya breakout pada tipe kulit yang berminyak. Tidak sampai di situ saja, lemon juga membantu meminimalisir racun yang ada dalam tubuh sehingga kulit memiliki tekstur yang lebih baik.

4. Pisang

Pisang baik dikonsumsi pemilik kulit berminyak karena kandungan yang baik untuk kulit ada di dalamnya/ Foto: Freepik.com
Pisang baik dikonsumsi pemilik kulit berminyak/ Foto: Freepik.com

Perlu digarisbawahi bahwa produksi sebum berlebih pada kulit berminyak bisa disebabkan oleh kurangnya kalium, magnesium dan fosfor dalam tubuh. Pisang juga memiliki kandungan vitamin E yang dikenal berkhasiat untuk kulit. Tidak hanya itu, pisang memiliki sifat antibakteri sehingga cocok digunakan untuk mengatasi wajah yang kondisinya tengah breakout.

5. Dark Chocolate

Dark chocolate untuk kulit berminyak karena adanya kandungan antioksidan/ Foto: Freepik.com
Dark chocolate untuk kulit berminyak/ Foto: Freepik.com

Nah, satu lagi makanan yang baik untuk kulit berminyak adalah cokelat hitam atau yang biasa disebut dengan dark chocolate. Cokelat hitam sendiri mengandung flavonoid yang membantu mencegah terjadinya peradangan jerawat.

Sebagaimana yang diketahui, flavonoid adalah salah satu jenis antioksidan yang membantu kulit tampak lebih halus dan bersinar. Namun, takaran konsumsinya juga perlu diperhatikan supaya khasiatnya bisa dirasakan dan terlihat.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id