sign up SIGN UP

LIFE

7 Buah yang Dapat Menurunkan Kolesterol Setelah Makan Daging Kurban

Friska NR | Senin, 19 Jul 2021 14:00 WIB
7 Buah yang Dapat Menurunkan Kolesterol Setelah Makan Daging Kurban
caption

Hari raya Idul Adha selalu identik dengan aneka hidangan daging kurban. Namun hati-hati, Beauties! Mengonsumsi berbagai hidangan olahan daging seperti sate, rendang, gulai dan makanan tinggi lemak lainnya bisa bikin kadar kolesterol jahat (LDL) menanjak drastis, lho.

Melansir dari NDTV Food, selain perlu mengontrol jenis dan jumlah asupan makanan, mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat juga bisa kita lakukan untuk membantu menjaga kadar kolesterol tetap aman. Nah, berikut 7 buah yang dapat kamu konsumsi agar kolesterol tidak naik drastis setelah makan daging kurban!

1. Alpukat

buah penurun kolesterol
Alpukat penurun kolesterol setelah makan daging Idul Adha/Foto: Freepik/Jcomp

Alpukat adalah salah satu buah yang digemari banyak orang. Buah ini dikenal sebagai superfood yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain tinggi kandungan vitamin K, C, B5, B6 dan E, serta mengandung lemak tak jenuh tunggal, alpukat juga memiliki kandungan kolesterol baik (HDL) yang dapat meluruhkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

2. Apel

buah penurun kolesterol
Apel penurun kolesterol setelah makan daging Idul Adha/Foto: Freepik/Pereslavtseva

Apel dikenal sebagai buah kaya serat yang baik untuk bantu memperlancar sistem pencernaan. Namun di samping itu, kandungan serat larut dalam buah ini juga dapat bermanfaat untuk mencegah penumpukan kolesterol jahat pada lapisan dinding pembuluh darah. 

3. Jeruk

buah penurun kolesterol
Jeruk penurun kolesterol setelah makan daging Idul Adha/Foto: Freepik/Pch Vector

Kelompok buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon dan jeruk nipis juga menjadi salah satu jenis buah yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap aman setelah makan daging. 

Jeruk mengandung zat pectin (serat) yang dapat memperlambat aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah, serta mengurangi kadar kolesterol jahat. Sementara kandungan vitamin C-nya termasuk antioksidan untuk membantu mencegah oksidasi kolesterol.

4. Tomat

buah penurun kolesterol
Tomat penurun kolesterol setelah makan daging Idul Adha/Foto: Freepik/8 Photo

Dengan kandungan vitamin A, B, K dan C, tomat memiliki sederet manfaat baik untuk kesehatan mata, kulit hingga jantung. Kandungan potassium dan likopennya juga dapat memberikan perlindungan alami dari kolesterol jahat, serta membantu menurunkan resiko darah tinggi dan stroke.

5. Pepaya

buah penurun kolesterol
Pepaya penurun kolesterol setelah makan daging Idul Adha/Foto: Freepik/Freepik

Pepaya termasuk jenis buah yang kaya serat. Selain untuk melancarkan sistem pencernaan, buah ini juga bermanfaat untuk  menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan lycopene and vitamin C.

Dikutip dari Healthline, kedua kandungan ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi jantung dan dan meningkatkan fungsi kolesterol baik dalam darah.

6. Strawberry

buah penurun kolesterol
Strawberry penurun kolesterol setelah makan daging Idul Adha/Foto: Freepik/Stock King

Strawberry dan sederet jenis buah berry lainnya merupakan buah rendah kalori yang kaya vitamin C dan pectin. Kandungan zat ini memiliki manfaat untuk menghambat aterosklerosis serta dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. 

7. Anggur

buah penurun kolesterol
Anggur penurun kolesterol setelah makan daging Idul Adha/Foto: Freepik/Jcomp

Terakhir, ada buah anggur yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat karena mengandung polyphenol. Zat ini bermanfaat untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat, mencegah aterosklerosis serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Itu dia 7 buah-buahan yang dapat kamu konsumsi untuk bantu menurunkan kadar kolesterol. Di masa pandemi ini, mari kita jaga kesehatan tubuh dengan memerhatikan pola dan asupan makanan tetap sehat ya, Beauties. 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id