sign up SIGN UP

LIFE

5 Manfaat Luar Biasa dari Kolang Kaling, Dikenal Bagus untuk Tulang!

Dian Aprilia | Jumat, 30 Apr 2021 16:00 WIB
5 Manfaat Luar Biasa dari Kolang Kaling, Dikenal Bagus untuk Tulang!
caption

Kolang kaling adalah buah yang khas dan sering ditemui saat bulan Ramadan. Seperti halnya cincau, kolang kaling sering menjadi bahan untuk takjil, seperti es blewah, es campur, dan berbagai macam menu takjil lainnya. Kolang-kaling merupakan buah muda yang berasal dari pohon aren.

Buah ini memiliki bentuk bulat lonjong dan agak pipih, dengan tekstur yang kenyal dan rasa tawar. Oleh sebab itu, kolang kaling sering diolah jadi manisan, agar rasanya lebih nikmat. Selain enak, kolang kaling memiliki banyak manfaat luar biasa untuk kesehatan. Berikut beautynesia.id tekah merangkum 5 manfaat luar biasa kolang-kaling:

Mengobati Nyeri Tulang/Sendi

Tulang
Tulang/pexels.com

Kolang kaling mengandung karbohidrat yang bernama galaktomannan. Karbohidrat tersebut sering dijadikan bahan dalam pembuatan obat penyakit radang sendi. Sebab galaktomannan berfungsi untuk meredakan dan mengurangi rasa sakit karena radang sendi.

Nah bagi kamu yang ingin memanfaatkannya sebagai obat nyeri tulang atau sendi, kamu bisa merebusnya dengan air, tanpa gula atau pewarna. Tambahkan daun pandan, jahe, dan juga gula batu untuk memberikan aroma yang enak dan juga rasa manis.

Menjaga Kesehatan Tulang

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, kolang kaling juga memiliki kalsium yang tinggi. Oleh sebab itu kolang kaling bermanfaat untuk kesehatan tulang, utamanya mencegah dari osteoporosis. Meski begitu jumlah kalsium dalam kolang kaling tidak lebih tinggi dibandingkan dengan susu.

Walau begitu, rendahnya kalori dalam kolang-kaling membuat banyak orang yang mengonsumsinya tidak perlu khawatir akan berat badan. Selain itu kolang kaling juga mengandung lebih banyak serat, sehingga bisa membuat kita kenyang lebih lama.

Membantu Peremajaan Berbagai Organ Tubuh

Kulit
Kulit/pexels.com

Tak hanya itu, kolang kaling juga dikenal mengandung gelatin, zat inilah yang membuat kolang kaling terasa kenyal dan liat. Gelatin yang dikonsumsi akan menjadi kolagen yang membantu peremajaan berbagai organ tubuh, seperti kulit, otot, tulang, kuku, dan juga rambut. Jadi kolang kaling bisa membantumu untuk tetap terlihat awet muda.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh/pexels.com

Manfaat yang tak kalah pentingnya dari kolang kaling adalah menjaga daya tahan tubuh. Sebab kolang kaling mengandung vitamin C, biasanya semakin matang buahnya maka semakin tinggi kandungan vitamin C-nya. Dlam 100 gram kolang kaling matang terdapat vitamin C sebanyak 162 mg.

Kandungan vitamin C tersebut ampuh sebagai antioksidan dan meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, antioksidan juga bisa mengikat radikal bebas agar tidak masuk ke sel dan jaringan tubuh yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan
Kesehatan pencernaan/pexels.com

Terakhir, kolang kaling mengandung serat yang cukup tinggi. Serat yang terkandung daalam kolang kaling bisa membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, kolang-kaling juga ampuh untuk mengurangi risiko kanker usus, mencegah obesitas dan menurunkan kolesterol.

Itulah 5 manfaat luar biasa dari kolang kaling. Kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai menu takjil untuk buka puasa. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id