sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Menyiapkan Menu Buka Puasa Bagi Ibu Bekerja, Simpel dan Gak Repot

Dian Aprilia | Sabtu, 01 May 2021 16:00 WIB
5 Tips Menyiapkan Menu Buka Puasa Bagi Ibu Bekerja, Simpel dan Gak Repot
Memasak/pexels.com

Momen Ramadan menjadi tantangan tersendiri bagi ibu yang bekerja, sebab ia harus menyiapkan makanan di jam yang berbeda dari biasanya. Jika di hari biasa, ibu cukup memasak di pagi hari dan sepulang bekerja, saat ini jam masak jadi lebih awal. Pertama, saat sahur dan juga menjelang buka puasa.

Padahal waktu-waktu menjelang buka puasa ini biasanya ibu bekerja baru pulang dari kantor. Alhasil lelah, lemas, dan waktunya juga cukup sempit. Apabila dipaksa memasak saat itu juga, pasti sangat merepotkan dan bisa-bisa makanan belum siap saat azan Maghrib berkumandang.

Untuk itu, berikut beautynesia.id telah merangkum tips menyiapkan menu buka puasa bagi ibu bekerja.

Siapkan Bahan Masakan

Bahan masakan
Bahan masakan/pexels.com

Untuk meminimalisir waktu memasak, kamu bisa menyiapkan dulu bahan makanan, seperti sayuran, bumbu-bumbu, dan berbagai bahan lainnya. Kamu bisa menyiapkan saat pagi hari sebelum berangkat kerja atau hari sebelumnya. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sebagai persiapan memasak menu buka puasa.

Kamu bisa mengupas, memotong, dan mencuci berbagai sayuran. Lalu simpan bahan makanan ke dalam kulkas. Selain itu kamu bisa siapkan berbagai bumbu dasar di toples kaca kecil dan menyimpannya di kulkas. Dengan begitu, saat pulang kerja, kamu tinggal masuk-masukkan saja bumbu dan berbagai bahan makanan untuk diolah jadi makanan.

Buat Menu Takjil

Takjil
Takjil/pexels.com

Sama halnya dengan menu buka puasa, kamu juga bisa menyiapkan menu takjil di hari sebelumnya. Kemudian simpan di kulkas, dengan begitu kamu dan keluarga bisa menikmati takjil yang nikmat dan segar saat buka pusa tiba. Ada berbagai macam takjil yang bisa awet dan tetap enak jika disimpan dalam kulkas. Seperti halnya es campur, kolak pisang, kacang hijau dan berbagai menu takjil lainnya.

Multitasking

Multitasking
Multitasking/pexels.com

Cara yang satu ini seringkali dipakai ibu-ibu saat sedang memasak. Misalnya memasak air sambil memotong sayur-sayuran, menghaluskan bumbu sambil merebus ayam, dan berbagai macam lainnya. Hal ini membuat waktu masak jadi lebih cepat, karena dua pekerjaan dilakukan secara bersama-sama.

Selain melakukan dua pekerjaan bersama, kamu juga bisa memasak beberapa makanan sekaligus. Misalnya menggoreng ayam sambil menumis kangkung di kompor sebelah, membuat sop dan juga membuat tumis udang. Pastikan untuk tetap fokus, agar dua pekerjaan tersebut berjalan dengan baik dan masakan tidak gosong.

Pilih Menu yang Sederhana

Menu sederhana
Menu sederhana/pexels.com

Selanjutnya, kamu bisa pilih berbagai menu sederhana dan praktis untuk mempersingkat waktu masak. Alih-alih memilih rendang atau sayur santan, kamu bisa memilih membuat sop, tumis kangkung, sayur bayam dan berbagai menu lainnya. Apalagi jika didukung dengan racikan bumbu yang sudah siap sebelumnya. Pasti makanan lebih cepat jadi dan tidak memerlukan effort yang banyak.

Stok Makanan Tahan Lama

Ilustrasi makanan kering
Ilustrasi/pexels.com

Terakhir, kamu juga bisa menyiapkan stok makanan kering yang tahan lama. Seperti halnya kering tempe, kering kentang, dendeng, abon, dan berbagai macam lainnya. Dengan persiapan lauk tersebut, kamu hanya perlu memasak sayuran dan menyiapkan takjil sebagai pelengkap.

Itulah 5 tips menyiapkan buka puasa bagi ibu bekerja, simpel, mudah dan tidak merepotkan. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id