sign up SIGN UP

LIFE

Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Ngemil Malam Saat Puasa

Ayuliy Lestari | Selasa, 27 Apr 2021 21:15 WIB
Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Ngemil Malam Saat Puasa
caption

Ternyata ngemil tidak selalu berdampak buruk. Apalagi ketika berada di bulan puasa dimana setelah beberapa jam berbuka biasanya perut mulai merasa lapar. Hal tersebut membuat kamu ingin terus mengunyah camilan.

Bagi sebagian orang, ngemil memang tidak baik untuk kesehatan terutama efek yang dihasilkan adalah kenaikan berat badan hingga gangguan pencernaan. Padahal asal tidak berlebihan dan memilih menu cemilan yang sehat, ada banyak manfaat baik yang bisa kamu rasakan.

Penasaran apa saja manfaat ngemil pada malam hari di bulan puasa? Simak yuk!

1. Asupan Kalori Harian Terpenuhi

manfaat ngemil malam
manfaat ngemil malam/freepik.com

Pada saat berpuasa sebenarnya jumlah kalori harian pada tubuh tidak terpenuhi. Hal tersebut karena waktu makan kamu sangat terbatas. Padahal sistem metabolisme tubuh akan terganggu jika kebutuhan kalori tidak cukup. Nah, dengan ngemil, kamu menjadi lebih bisa mencukupi kebutuhan kalori harian tubuh.

2. Mencegah Binge Eating

manfaat ngemil malam
manfaat ngemil malam/freepik.com

Binge eating adalah kebiasaan mengonsumsi makanan lezat dengan porsi berlebihan sehingga perut menjadi kekenyangan. Kebiasaan ini sangat berdampak buruk bagi sistem pencernaan, Ladies.

Makan berlebihan membuat sistem pencernaan bekerja dua kali lipat lebih berat. Daripada kamu harus menghabiskan banyak makanan saat berbuka, sebaiknya beri jeda dan kamu bisa melanjutkan dengan kebiasaan ngemil beberapa jam setelahnya.

3. Metabolisme Tubuh Meningkat

manfaat ngemil malam
manfaat ngemil malam/freepik.com

Kebiasaan ngemil malam saat puasa juga membuat metabolisme tubuh meningkat, jadi nantinya kamu akan lebih semangat dan tidak lemas saat beraktivitas di pagi hingga sore hari. Bahkan kamu juga dapat terhindar dari berbagai kemungkinan penyakit karena metabolisme tubuh selalu terjaga.

4. Tubuh Mendapat Nutrisi yang Beragam

manfaat ngemil malam
manfaat ngemil malam/freepik.com

Terkadang tubuh membutuhkan nutrisi yang beragam. Namun saat puasa, tentu saja kamu hanya mampu mengonsumsi beberapa menu makanan dengan porsi yang sedikit. Kamu tidak perlu memaksakan diri melahap semua makanan saat berbuka puasa, kamu bisa menggantinya di beberapa jam setelah buka dengan ngemil makanan-makanan sehat

[Gambas:Instagram]

5. Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

manfaat ngemil malam
manfaat ngemil malam/freepik.com

Perut kosong akan membuat kamu kesulitan tidur nyenyak. Padahal tubuh kamu tidak hanya membutuhkan waktu makan namun juga membutuhkan waktu istirahat malam. Apalagi di bulan puasa waktu istirahat juga sangat terbatas karena kamu harus bangun untuk sahur.

Ngemil beberapa jam sebelum tidur, membuat kamu terhindar dari rasa lapar. Sehingga kamu bisa tidur dengan nyenyak dan bangun saat sahur dengan keadaan yang lebih fresh. Bahkan bisa sekaligus beribadah dan melakukan aktivitas-aktivitas lain di pagi hari.

Itulah beberapa manfaat dari ngemil saat bulan puasa yang perlu kamu tahu. Namun pastikan memilih cemilan sehat seperti sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan ya, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id