sign up SIGN UP

LIFE

6 Kreasi Olahan Aci yang Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah

Pavita Sevilla | Senin, 22 Feb 2021 16:15 WIB
6 Kreasi Olahan Aci yang Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah
Tepung kanji atau aci/freepik.com

Tepung kanji atau yang biasa disebut aci adalah tepung yang dapat dibuat untuk berbagai macam olahan. Rata-rata olahan dari aci tidak memerlukan banyak bahan-bahan tambahan lagi. Sehingga, tepung ini sangat praktis dan sangat berguna untuk yang ingin membuat berbagai macam olahan dengan mudah dan enak di rumah.

Selagi diam di rumah saja selama pandemi, yuk coba buat berbagai macam olahan aci yang mudah di bawah ini.

1. Cilung

Cilung/pinterest.com/Asti Savitri
Cilung/pinterest.com/Asti Savitri

Cilung ini merupakan olahan pertama yang paling mudah dibuat. Caranya cukup campurkan tepung aci, telur, garam, dan air. Pastikan aci tidak lebih banyak dari telur dan teksturnya cair sedikit kental. Setelah dicampurkan, masukan adonan sedikit-sedikit ke dalam wajan penggorengan. Masukkan bumbu-bumbu tambahan seperti saus sambal atau bumbu bubuk di atas adonan sesuai selera. Setelah terlihat matang, gulung dengan menggunakan tusuk sate yang besar.

2. Cilor / Cimin

Cilor atau cimin/twitter.com/detikcom
Cilor atau cimin/twitter.com/detikcom

Untuk membuat ini hanya diperlukan tambahan tepung terigu, telur, air panas, dan penyedap rasa. Caranya cukup mudah. Pertama, campurkan aci, terigu, penyedap rasa dan air panas secukupnya. Aduk semuanya sampai mengental dan dapat dibentuk. Kedua, bentuk adonan bulat-bulat dan rebus di dalam air mendidih. Setelah dirasa sudah matang dan cukup kenyal, goreng dengan telur, dan tambahkan garam atau penyedap rasa secukupnya dan bubuk cabai jika suka pedas.

3. Cilok

Cilok/cookpad.com/dapurVY
Cilok/cookpad.com/dapurVY

Memiliki bentuk yang mirip dengan cilor, ternyata bahan-bahan serta cara pembuatannya juga hampir sama. Yang membedakan adalah adanya tambahan bawang putih halus, daun bawang yang dihaluskan, dan gula dalam adonan cilok. Cilok juga tidak memerlukan telur dan proses pembuatannya dengan cara direbus. Untuk bumbunya, dapat menggunakan bumbu kacang, atau jika dirasa kecap dan saus sambal saja sudah cukup juga tidak apa-apa.

4. Cimol

Cimol/yummy.co.id/iishvara
Cimol/yummy.co.id/iishvara

Terlihat seperti susah, namun ternyata pembuatannya cukup mudah. Cukup campurkan tepung aci, tepung beras, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, garam, gula serta air panas, dan aduk semuanya sampai dapat dibentuk. Lalu, bentuk bulat-bulat. Pastikan untuk memasukkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam minyak yang masih dingin, ya. Ini bertujuan untuk menghindari cimol meletus saat digoreng. Nyalakan kompor dengan api kecil. Setelah matang, sajikan dengan bumbu sesuai selera.

5. Cireng

Cireng/kulinerkota.com
Cireng/kulinerkota.com

Siapa yang tidak tahu cireng? Ternyata pembuatan jenis gorengan satu ini juga cukup mudah, lho. Caranya adalah campurkan aci, daun bawang, bawang putih yang dihaluskan, garam dan air. Masukan bawang putih ke dalam air, dan rebus sampai mendidih. Setelah itu, campurkan dengan adonan lainnya. Bentuk adonan dalam bentuk pipih. Lalu, masukan adonan ke minyak dingin dan goreng sampai dirasa renyah.

6. Telur Gabus

Telur gabus/yummy.co.id/Deasy Lusiana P
Telur gabus/yummy.co.id/Deasy Lusiana P

Bosan dengan olahan aci ala jajanan pinggir jalan? Jika ya, maka telur gabus dapat menjadi pilihan selanjutnya. Olahan ini lebih berbentuk kue. Bahan yang diperlukan hanya tepung aci, telur, mentega, keju parut dan garam. Langkah-langkahnya adalah blender atau mixer semua bahan kecuali tepung aci sampai halus. Setelah itu, masukan aci ke dalam wadah dan campur dengan bahan yang sudah dihaluskan tadi.

Aduk hingga berbentuk seperti adonan kue dan dapat dibentuk. Lalu, bentuk pipih-pipih memanjang dan masukan ke dalam minyak yang masih dingin. Goreng sampai berwarna keemasan.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id