sign up SIGN UP

LIFE

7 Makanan yang Wajib Dihindari Saat Diet, Bikin Badan Tambah Gemuk

Dian Aprilia | Rabu, 18 Nov 2020 08:00 WIB
7 Makanan yang Wajib Dihindari Saat Diet, Bikin Badan Tambah Gemuk
Ilustrasi diet/pexels.com
Jakarta -

Selain mengonsumsi produk penurun berat badan, salah satu hal penting yang perlu dilakukan saat diet adalah mengatur pola makan yang seimbang dan teratur. Terkadang hal ini sering diabaikan atau diremehkan, entah karena godaan ‘cheating’ saat diet atau memang tidak mengetahui kandungan glukosa dan kalori tinggi dalam makanan tersebut.

Untuk itu, supaya usaha dietmu tak jadi sia-sia atau tidak memberikan hasil penurunan badan yang signifikan, maka kamu wajib untuk menghindari makanan-makanan ini.  Sebab makanan ini akan sangat merugikan untuk program dietmu jika dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 7 makanan yang wajib dihindari saat diet karena hanya akan bikin badanmu tambah gemuk.

Es krim

Es krim
Es krim/pexels.com

Es krim termasuk dalam makanan dengan kandungan kalori dan gula yang tinggi. Tak aneh jika makanan ini menjadi makanan favorit banyak. Selain karena rasanya manis dan enak, es krim memiliki berbagai variasi rasa yang menggoda.

Meski begitu, kamu tetap bisa mengonsumsi es krim dengan syarat pilih yang kalori rendah dan mengandung serat tinggi.

Keripik kentang

Keripik kentang
Keripik kentang/pexels.com

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sering dipilih sebagai menu diet. Hal ini dikarenakan kentang hampir tak mengandung lemak dan juga kandungan kalori yang lebih rendah.

Meski begitu, keripik kentang dan kentang goreng memiliki kalori yang sangat tinggi. Untuk itu dua jenis olahan kentang ini wajib kamu hindari saat diet ya.

Minuman kemasan tinggi gula

Minuman dalam kemasan biasanya mengandung kadar gula yang tinggi. Jika mengonsumsinya, maka akan berdampak buruk pada kesehatan dan menaikkan berat badan.

Minuman kemasan yang wajib kamu hindari diantaranya adalah teh dalam kemasan, kopi kemasan, aneka jus kemasan, dan lainnya.

Roti putih

Roti putih
Roti putih/pexels.com

Tahukah kamu dua lembar roti putih bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan sebanyak 40% lho? Wow banyak sekali ya.

Jadi daripada produk penurun berat badan kamu gagal total hanya karena kenikmatan dua lembar roti putih, sebaiknya ganti menu ini dengan makanan yang lebih sehat. Kamu bisa menggantinya dengan roti gandum, oats, granola atau lainnya.

Permen

Pada umumnya permen mengandung banyak gula dan juga tepung. Oleh sebab itu, bagi kamu yang sedang diet wajib untuk menghindari permen. Jika untuk menyegarkan mulut, lebih baik pilih permen yang non glukosa dan cek kandungan kalorinya.

Kue

Cakes
Cakes/pexels.com

Kue terdiri dari bahan-bahan seperti tepung, gula dan mentega. Hal itulah yang membuat kandungan kalori dan gula dalam kue sangat tinggi. Selain itu mengonsumsi kue juga membuat kamu mudah lapar.

Jadi meskipun sudah makan beberapa potong, kamu tidak akan merasa kenyang seperti halnya makan nasi. Untuk itu, lebih baik makan sepiring nasi daripada sepotong kue. Sebab kalau makan sepotong kue, justru akan membuatmu ingin menambah makanan lagi yang ujungnya akan menambah kalori dan glukosa yang masuk pada tubuh. 

Minuman Alkohol

Alcohol
Alcohol/pexels.com

Minuman alkohol adalah minuman dengan kandungan kalori dan gula yang sangat tinggi. Hal inilah yang mengakibatkan banyak orang yang konsumsi alkohol memiliki perut buncit. Alkohol adalah minuman yang lebih banyak dampak negatifnya dibandingkan dengan manfaatnya.

Untuk itu, dalam keadaan tidak diet sekalipun sebaiknya hindari minum alkohol ya, ladies!

Itulah 7 makanan yang wajib kamu hindari saat sedang diet. Lebih baik bersusah-susah dahulu sebelum bersenang-senang kemudian. Sebab semua perjuangan dietmu bukan cuma dari produk penurun berat badan, tapi juga dipengaruhi konsumsi makanan lainnya.

Tentunya perjuangan kamu akan terbayar dengan kondisi tubuh yang sehat, ideal dan kualitas hidup yang lebih baik. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id