sign up SIGN UP

LIFE

8 Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Kenyang Lebih Lama

Intan Dwi | Selasa, 17 Nov 2020 12:30 WIB
8 Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Kenyang Lebih Lama
caption
Jakarta -

Banyak orang yang rela menahan makan saat mereka ingin memakannya karena khawatir dengan berat badan. Tapi kalau kamu ingin mengontrol ngemil tanpa memikirkan rasa kenyang dan berat badan ada beberapa makanan yang akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Berikut inilah delapan makanan dan minuman yang akan membuat kamu kenyang lebih lama.

Legume

Legume memiliki serat larut dan protein yang dapat memperlambat respon gula darah.
Legume/freepik.com

Legume merupakan salah satu jenis tanaman dalam keluarga kacang-kacangan, contoh legume yang sering dikonsumsi adalah kacang tanah, kacang hijau, buncis dan kacang polong.

Legume memiliki serat larut dan protein yang dapat memperlambat respon gula darah. Selain itu, legume membutuhkan waktu lebih untuk dicerna sehingga membantu kalian merasa kenyang lebih lama.

Sayuran

Makanan yang tinggi serat menyebabkan perut kosong lebih lambat, sehingga membantu kalian kenyang lebih lama
Sayuran/freepik.com

Makanan yang tinggi serat menyebabkan perut kosong lebih lambat, sehingga membantu kalian kenyang lebih lama. Banyak makanan berserat tinggi dan rendah kalori, seperti sayuran yang membantu kalian akan merasa lebih kenyang.

Sayuran silangan seperti brokoli, kembang kol, arugula dan kangkung termasuk sayuran yang tinggi serat dan kadar air. Menjadi pilihan yang bagus untuk dikonsumsi!

Oat

Oat memiliki kandungan yang kaya akan serat larut, yaitu sejenis serat yang menjadi seperti gel saat larut dalam air sehingga membantu kalian merasa kenyang.
Oat/freepik.com

Oat memiliki kandungan yang kaya akan serat larut, yaitu sejenis serat yang menjadi seperti gel saat larut dalam air sehingga membantu kalian merasa kenyang. Oat juga dapat memengaruhi hormon pengurang nafsu makan yang membantu kita merasa puas.

Kalian juga bisa memasak oat dengan campuran susu lalu ditaburkan buah-buahan agar merasa kenyang lebih lama.

Kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menghentikan keinginan impulsif untuk makanan saat kalian sebenernya tidak lapar.
Kopi/pexels.com

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menghentikan keinginan impulsif untuk makanan saat kalian sebenernya tidak lapar.

Rupanya kopi dapat membantu menekan nafsu makan dengan memproduksi hormon yang disebut PYY, yang merupakan singkatan dari peptida YY. Hormon ini bekerja untuk memberi sinyal pada otak untuk meningkatkan perasaan kenyang.

Telur

Telur bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat kalau kalian mencari makanan yang dapat mengontrol nafsu makan.
Telur/freepik.com

Telur bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat kalau kalian mencari makanan yang dapat mengontrol nafsu makan. Telur mengandung protein tinggi, dimana protein mencerna lebih lambat daripada karbohidrat.

Untuk pilihan makanan yang sehat, berprotein tinggi dan mengenyangkan cobalah telur rebus atau orak-arik dengan sayuran.

Air Putih

Langkah sederhana tapi memberikan dampak besar pada nafsu makan kalian yang mendorong perasaan kenyang adalah minum air putih.
Air Putih/pexels.com

Langkah sederhana tapi memberikan dampak besar pada nafsu makan kalian yang mendorong perasaan kenyang adalah minum air putih. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan, secara alami mengurangi jumlah kalor yang kalian konsumsi.

Selain mengenyangkan, minum air putih juga dapat menghidrasi tubuh.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang penuh serat dan lemak sehat, karena itu alpukat terbukti membantu kalian merasa kenyang lebih lama.
Alpukat/pexels.com

Alpukat merupakan salah satu buah yang penuh serat dan lemak sehat, karena itu alpukat terbukti membantu kalian merasa kenyang lebih lama. Makanan berserat tinggi cenderung lebih mengenyangkan daripada yang rendah serat.

Kandungan lemak sehat dalam alpukat juga dicerna dengan lambat dibandingkan dengan nutrisi dan makanan lain.kalau kamu ingin merasa kenyang lebih lama lagi, kamu bisa menambahkan roti bakar dengan topping alpukat.

Greek Yogurt

kamu mau sarapan dengan menu yang mudah, lezat dan membuat kamu kenyang selama berjam-jam, kamu bisa konsumsi greek yogurt.
Greek Yogurt/freepik.com

Nah, kalau kamu mau sarapan dengan menu yang mudah, lezat dan membuat kamu kenyang selama berjam-jam, kamu bisa konsumsi greek yogurt. Makanan ini tinggi protein dan kandungan air yang keduanya membantu meningkatkan rasa kenyang. Selain untuk sarapan, kamu juga bisa menjadikan greek yogurt sebagai pilihan camilan kamu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id