sign up SIGN UP

LIFE

9 Bahan Pengganti Garam untuk Penyedap Masakan

Intan Dwi | Sabtu, 10 Oct 2020 08:00 WIB
9 Bahan Pengganti Garam untuk Penyedap Masakan
caption

Makanan tanpa garam tentu akan mengurangi cita rasa masakan kalian, karena garam salah satu bumbu yang paling umum digunakan. Saat menggunakan garam dalam jumlah yang sedang tidak akan menjadi masalah. Tapi jika asupan garam berlebihan itu bisa menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya.

Banyak orang yang menderita penyakit kronis harus mengurangi garam dalam masakan mereka. Karena itu, sebagai gantinya ada bahan-bahan alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti garam.

Kamu bisa coba beberapa rempah-rempah atau bahan lainnya untuk menambahkan rasa pada masakan kamu. Berikut ini sembilan bahan makanan yang menjadi pengganti garam.

Jahe

kamu bisa campurkan akar jahe yang dicincang atau jahe kering ke dalam tumisan, saus, marinades, sup bahkan minuman.
Jahe/freepik.com

Seperti yang kita tahu kalau jahe memiliki rasa yang pedas dan manis saat digigit. Tapi apakah kalian tahu kalo ternyata jahe ini bisa menggantikan garam dibanyak hidangan? Yap, kamu bisa campurkan akar jahe yang dicincang atau jahe kering ke dalam tumisan, saus, marinades, sup bahkan minuman.

Selain membuat makanan lezat, akar jahe juga bisa dijadikan obat tradisional karena memiliki efek anti-inflamasi.

Sage

Sage yang dikeringkan memiliki rasa segar dan cukup kuat, menjadikannya sebagai pengganti garam yang baik.
Sage/freepik.com

Sage merupakan rempah hijau dengan sedikit sentuhan citrus dan eucalyptus. Sage yang dikeringkan memiliki rasa segar dan cukup kuat, menjadikannya sebagai pengganti garam yang baik. Rasanya lebih nikmat jika dicampurkan pada hidangan yang gurih, seperti saus mentega dan risotto.

Dill

Rasa segar seperti rasa yang terdapat pada seledri dan fennel, menjadikan dill sebagai alternatif pengganti garam yang memberikan aroma untuk masakan kamu.
Dill/freepik.com

Rasa segar seperti rasa yang terdapat pada seledri dan fennel, menjadikan dill sebagai alternatif pengganti garam yang memberikan aroma untuk masakan kamu. Dill adalah pengganti yang sangat baik untuk hidangan dengan ikan, kentang, dan mentimun. Selain itu, kamu juga bisa menaburkan di atas salmon atau menggunakannya sebagai bumbu utama dalam salad kentang.

Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu yang memiliki rasa pedas dan meningkatkan rasa tanpa meningkatkan kandungan natrium.
Bawang Putih/freepik.com

Bawang putih adalah bumbu yang memiliki rasa pedas dan meningkatkan rasa tanpa meningkatkan kandungan natrium. Kamu bisa mengurangi penggunaan garam dan mulai menggantinya dengan sejumlah bawang putih dalam resep masakan kamu, seperti bumbu marinades. Bawang putih juga memiliki rasa yang enak jika kamu tambahkan ke dalam sup dan sayur tumis.

Terlebih lagi, sayuran allium ini sarat dengan manfaat kesehatan. Studi menunjukkan bahwa senyawa bawang putih dapat meningkatkan kekebalan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan otak.

Smoked Paprika

Rasa asap dan pedas dari smoked paprika bisa membuat masakan kamu kaya rasa apalagi disertai warna merah tua dari paprikanya.
Smooked Paprika/bestofhungary.co.uk

Rasa asap dan pedas dari smoked paprika bisa membuat masakan kamu kaya rasa apalagi disertai warna merah tua dari paprikanya. Kamu bisa tambahkan smoked paprika ke taco meat, rebusan, sambal dan nachos. Kamu juga bisa menggunakan smoked paprika sebagai pengganti saus salsa yang memiliki kandungan natrium.

Bumbu ini memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Misalnya, senyawa paprika capsaicin yang membuat beberapa varietas pedas bisa menghentikan pertumbuhan kanker.

Kayu Manis

kayu manis yang menjadi salah satu bahan paling umum digunakan dalam makanan yang dipanggang, juga bisa bahan yang menggantikan garam.
Kayu Manis/freepik.com

Rupanya kayu manis yang menjadi salah satu bahan paling umum digunakan dalam makanan yang dipanggang, juga bisa bahan yang menggantikan garam. Bumbu ini memiliki sedikit rasa manis dan pedas, sehingga saat menambahkannya ke dalam masakan kamu itu akan menambahkan rasa.

Kamu bisa tambahkan ke sup, saus tomat, kari, daging panggang, dan bumbu untuk ayam atau kalkun. Tambahkan batang kayu manis ke dalam panci untuk mendapatkan rasa yang maksimal.

Ketumbar

Ketumbar juga mengandung banyak antioksidan, termasuk terpinene, quercetin, dan tokoferol.
Ketumbar/freepik.com

Ketumbar berasal dari biji tanaman ketumbar yang memiliki rasa hangat, karena itu bahan ini sering ditambahkan ke saus salsa, sup, dan kari, baik dalam bentuk bubuk atau utuh. Ketumbar juga mengandung banyak antioksidan, termasuk terpinene, quercetin, dan tokoferol. Dimana senyawa itu dapat meningkatkan kesehatan dan kekebalan otak.

Lemon

Karena air perasan lemon merupakan sumber asam, membuat itu mirip dengan garam yang menonjolkan cita rasa hidangan.
Lemon/freepik.com

Perasan lemon dan kulitnya menjadi alternatif yang sangat baik untuk pengganti garam dalam beberapa resep makanan. Karena air perasan lemon merupakan sumber asam, membuat itu mirip dengan garam yang menonjolkan cita rasa hidangan. Sementara itu, untuk kulitnya memberikan rasa jeruk yang lebih kuat. Kamu bisa siram perasan lemon di atas sayuran matang, saus salad dan bumbu marinades untuk daging dan ikan.

Lada Hitam Bubuk

Lada hitam merupakan tambahan yang bagus untuk sup, daging panggang, pasta dan hidangan gurih lainnya.
Lada Hitam/freepik.com

Buat kamu yang ingin mengurangi garam dari masakan, kamu bisa gunakan lada hitam sebagai gantinya. Lada hitam merupakan tambahan yang bagus untuk sup, daging panggang, pasta dan hidangan gurih lainnya. Selain itu, lada hitam dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id