sign up SIGN UP

LIFE

Cegah Kanker Payudara dengan Mengonsumsi Makanan Ini Yuk!

Ade Irma Suryani | Rabu, 07 Oct 2020 15:30 WIB
Cegah Kanker Payudara dengan Mengonsumsi Makanan Ini Yuk!
caption
Jakarta -

Seperti yang telah diketahui, bahwa kanker payudara merupakan penyakit yang banyak dialami oleh wanita. Penyakit ini sendiri bisa dipicu oleh faktor keturunan maupun gaya hidup yang tidak sehat. Mengingat bahwa menjalani gaya hidup sehat sangat berperan penting dalam mencegah kanker payudara, berikut ini ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi dalam membantu mengurangi resiko kanker payudara. Simak informasinya di bawah ini. 

 

1. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian Utuh dapat mencegah kanker payudara.
Biji-bijian Utuh/Freepik.com

Biji-bijian utuh berupa gandum, beras merah, beras hitam, jagung dan sorgum diketahui juga dapat membantu mencegah kanker payudara. Jenis makanan tersebut mengandung karbohidrat kompleks, serat, vitamin, fitokimia, dan mineral. Mengonsumsi serat dengan jumlah tinggi diketahui dapat menurunkan resiko kanker payudara. Oleh karena itu, konsumsilah biji-bijian utuh secara rutin, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari resiko kanker payudara.

 

2. Buah Beri

Buah Beri dapat mencegah kanker payudara.
Buah Beri/Freepik.com 

Buah beri yang memiliki kandungan polifenol tinggi ini dapat melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh. Kaya akan antioksidan, buah beri pun dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara. Buah beri tersebut diantaranya adalah seperti strawberryblueberry, rapsberry hitam, blackberry, dan lain-lain sebagainya.

 

3.  Ikan Salmon

Ikan salmon dapat mencegah kanker.
Ikan Salmon/Freepik.com

Ikan salmon merupakan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kandungan ini diketahui dapat menurunkan resiko kanker payudara. Nutrisi yang terkandung di dalamnya tentunya sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain ikan salmon, asam lemak omega 3 juga terkandung dalam ikan sarden, minyak ikan cod, kacang kenari, minyak zaitun dan alpukat. 

 

4. Brokoli, Kol, Sawi Hijau, dan Kubis Hijau

Jenis sayuran seperti brokoli dapat mencegah kanker payudara.
Brokoli, Kol, Sawi Hijau, dan Kubis Hijau/Freepik.com

Jenis sayuran seperti kol, brokoli, sawi hijau dan kubis hijau kaya akan antioksidan berupa vitamin C dan E. Selain itu juga mengandung vitamin K dan glukosinolat yang tinggi. Glukosinolat merupakan senyawa kimia yang diketahui dapat melindungi sel dari kerusakan DNA dan mematikan sel kanker.  

 

5. Delima

Delima dapat mencegah kanker payudara.
Delima/Freepik.com

Mengonsumsi atau meminum jus buah delima secara rutin diketahui dapat menghambat tumbuhnya kanker, termasuk kanker payudara. Hal tersebut dikarenakan buah ini mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, serta memperbaiki dan mencegah kerusakan DNA yang bisa memicu sel kanker. Sementara itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa buah delima mengandung phytochemicals yang disebut ellagitannin dengan jumlah banyak. Kandungan yang dimiliki tersebut diketahui dapat mengurangi perkembangan sel payudara. 

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat membantu mencegah kanker payudara. Di samping itu tetaplah menjalani gaya hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan menghindari makanan yang tidak sehat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id