sign up SIGN UP

LIFE

Bentuk yang Mirip, Ini Beda Seledri, Peterseli dan Daun Ketumbar

Ayuliy Lestari | Rabu, 09 Jun 2021 15:00 WIB
Bentuk yang Mirip, Ini Beda Seledri, Peterseli dan Daun Ketumbar
Foto: perbedaan seledri, peterseli dan daun ketumbar/freepik.com

Sering bingung membedakan antara seledri, peterseli dan daun ketumbar? Ketiganya memang memiliki bentuk yang sama dan sering dijadikan sebagai bumbu masakan. Tentu saja dengan rasa dan aroma yang berbeda. Jadi jangan sampai salah, Ladies.

Selain rasa dan aroma, seledri, peterseli dan daun ketumbar juga memiliki manfaat yang berbeda lho! Nah, biar enggak bingung dan tahu cara membedakannya, simak ulasan berikut.

Seledri

perbedaan seledri, peterseli
perbedaan seledri, peterseli dan daun ketumbar/freepik.com

Seledri memiliki bentuk daun melebar dan lancip berwarna hijau tua. Bagian batang seledri juga cenderung bergerigi dan menyerupai bulan sabit. Bahkan jika dibandingkan dengan peterseli dan daun ketumbar, daun seledri lebih panjang.

Seledri memiliki aroma segar yang halus dengan rasa lebih lembut dan khas. Aroma dari daun seledri sendiri tak sekuat daun ketumbar, Ladies.

Seledri sering digunakan sebagai penyedap hidangan seperti bakso dan soto. Sering juga digunakan untuk membuat olahan seperti telur dadar, tumis, sop dan lain-lain. Manfaat seledri juga cukup banyak lho! Tak hanya menambah cita rasa masakan namun juga baik untuk kesehatan.

Peterseli

perbedaan seledri, peterseli
perbedaan seledri, peterseli dan daun ketumbar/freepik.com

Peterseli memang mirip dengan seledri yang cenderung lancip dan berdaun hijau gelap. Peterseli memiliki daun yang lebih kecil dari seledri dan cenderung bergerombol serta keriting. Sedangkan bagian batang berbentuk bulat dan halus sehingga sangat berbeda dengan seledri yang bergerigi.

Peterseli juga memiliki rasa yang segar seperti seledri namun aromanya lebih lembut dan ringan apalagi jika dibandingkan dengan daun ketumbar.

Peterseli lebih sering difungsikan sebagai garnish atau hiasan pada masakan agar bentuk dari hidangan menjadi lebih menarik. Peterseli juga sering digunakan sebagai tambahan topping untuk makanan barat seperti spaghetti, pizza dan lasagna.

Daun Ketumbar

perbedaan seledri, peterseli
perbedaan seledri, peterseli dan daun ketumbar/freepik.com

Daun ketumbar adalah salah satu tumbuhan rempah yang populer. Cukup mirip dengan seledri namun jika kamu perhatikan dengan seksama, ada perbedaan di antara keduanya yaitu daun ketumbar lebih bulat dan memiliki bentuk daun yang tidak lancip. Sedangkan untuk batang daun ketumbar, cenderung lebih tumpul dan melengkung serta warnanya jauh lebih terang.

Jika membahas mengenai rasa dan aroma, daun ketumbar lebih kuat dari peterseli dan seledri bahkan aromanya lebih mirip dengan aroma citrus segar.

Aromanya yang lebih kuat membuat daun ketumbar lebih sering digunakan sebagai penyedap pada masakan Asia yang kaya rempah. Masakan yang sudah ditambahkan daun ketumbar akan terasa lebih manis dan lembut.

Nah, itulah perbedaan dari seledri, peterseli dan daun ketumbar. Jangan sampai keliru ya, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id