sign up SIGN UP

LIFE

Bukan Hanya Kopi Luwak dari Indonesia, Beberapa Negara Punya Ramuan Kopi Unik Sekaligus Aneh!

Phanie Fauziah | Senin, 22 Feb 2021 20:30 WIB
Bukan Hanya Kopi Luwak dari Indonesia, Beberapa Negara Punya Ramuan Kopi Unik Sekaligus Aneh!
kopi/Freepik

Senang menyesap secangkir kopi tiap harinya? Beberapa penikmat kopi memiliki seduhan andalan, mulai dari seduhan biasa sampai mencampurkan bahan lainnya. Biasanya ditambahkan gula, susu, krimer, atau herbal pada secangkir kopi.

Tapi, tahukah Beautinesians? Bukan hanya kopi luwak dari Indonesia saja yang memiliki rasa unik. Beberapa negara bahkan punya racikan kopi dengan rasa unik sekaligus aneh.

 

Kopi Ludah Monyet

Formosan Macaques
Formosan Macaques/New England Primate Conservancy

Jika Indonesia punya kopi luwak yang dipanen dari feses luwak liar yang dibersihkan, maka Taiwan punya kopi yang diproses dari lidah monyet. Bermula dari spesies Rhesus, monyet dengan perawakan kecil dan berwarna abu-abu atau disebut Formosan Macaques yang gemar memakan ceri kopi. Monyet ini mengunyah ceri kopi hingga rasa manisnya hilang dan meludahkannya, karena biji kopi tidak dapat dicerna.

Sebelumnya monyet ini dianggap mengganggu karena memakan ceri kopi, namun ternyata kopi yang telah diludahkan monyet ini memiliki rasa seperti nila yang cukup kuat hingga dibudidayakan dan dijadikan menu kopi istimewa.

 

Kopi Telur

Cà Phê Trứng
Cà Phê Trứng/Maizo

Sumatera Barat mencampurkan telur ayam kampung dalam seduhan teh, sedangkan Vietnam mencampurkan telur pada secangkir kopi atau dikenal dengan sebutan Cà Phê Trứng. Racikan kopi ini dibuat dari campuran kopi, susu, dan telur ayam yang dikocok hingga berbusa tebal. Selain campurannya yang unik, penyajiannya pun terbilang cukup menarik.

Cà Phê Trứng disajikan dalam sebuah mangkuk berukuran sedang berisi air panas untuk tetap mempertahankan suhu panas kopi tersebut. 

 

Kopi Taco Pedas

Mexican Taco
Mexican Taco/Freepik

Taco merupakan salah satu jajanan khas Meksiko yang terdiri dari isian sayur, daging, dan rempah. Kecintaan orang Meksiko terhadap taco dengan rasa yang pedas menjadi inspirasi salah satu perusahaan di Amerika Serikat bernama CoffeeAM untuk meracik kopi dengan citarasa pedas dari rempah serta rasa daging dari isian taco. Selain unik, rasa dari racikan kopi ini juga sering dikatakan aneh.

 

Kopi Maple Bacon

Bacon
Bacon/Freepik

Orang Amerika gemar mengonsumsi bacon atau irisan daging babi yang berlapis lemak dan melalui proses pengasapan. Saking cintanya dengan bacon, banyak olahan makanan dan minuman yang di dalamnya mengandung bacon, tak terkecuali dengan kopi. Salah satu perusahaan yang menjual kopi premium mengolah biji kopi yang diperkaya aroma manis sirup maple dan bacon.

Alih-alih citarasa bacon yang kuat, sirup maple menonjolkan rasa manis dengan sedikit aroma smoky.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id