sign up SIGN UP

LIFE

Catat, Ini Waktu Makan yang Tepat 6 Kali Sehari dan Pilihan Menunya

Dian Aprilia | Kamis, 19 Nov 2020 20:15 WIB
Catat, Ini Waktu Makan yang Tepat 6 Kali Sehari dan Pilihan Menunya
Healthy food/pexels.com
Jakarta -

Bagi kamu yang sedang diet, wajib banget untuk tahu jadwal makan yang tepat dan pilihan menu yang bagus. Tahukah kamu bahwa jumlah makan yang tepat dalam sehari adalah 6 kali sehari?

Wow, terdengar banyak, tetapi jumlah tersebut adalah jumlah yang ideal. Utamanya bagi kamu yang sedang diet dan ingin membiasakan diri hidup sehat dan seimbang.

Bukannya diet itu mengurangi makan ya, kok makan yang ideal sampai 6 kali sih? Ingat, diet itu bukan untuk mengurangi frekuensi makan ya, tapi mengurangi porsinya. Jadi makan 6 kali bukanlah masalah asalkan porsi disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Berikut beautynesia.id merangkum waktu makan yang tepat dan juga pilihan menu yang bisa kamu masak atau kamu pesan di catering sehat.

Breakfast (30 menit setelah bangun tidur – 09.00)

Oatmeal
Oatmeal/pexels.com

Salah satu hal yang penting dalam diet adalah selalu sarapan pagi. Sarapan yang sehat akan membantumu menjalani aktivitas dengan lebih produktif dan berenergi, serta membuatmu tidak mudah lapar atau balas dendam di siang hari.

Bagi kamu yang ibu rumah tangga dan punya waktu yang lebih luang, maka kamu bisa mencoba menu yang kompleks seperti sup ayam, pecel, bayam dengan lauk lengkap dan lainnya.

Namun bagi kamu yang tak sempat masak bahan makanan kompleks, kamu bisa pilih oatmeal, smoothies, susu, omelet, sandwich atau roti gandum.

Brunch (10.00-11.00)

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan/pexels.com

Setelah sarapan, maka kamu akan mulai merasa lapar lagi pada jam 10.00 hingga 11.00 siang. Sebaiknya jangan terburu untuk makan siang atau mengonsumsi makanan yang berat di jam ini. Melainkan isi perutmu dengan camilan sehat untuk menahan lapar sementara waktu.

Kamu bisa pilih buah-buahan, kacang-kacangan, salad, ubi rebus, puding beras merah atau jagung pipil. Kamu juga bisa kreasikan berbagai bahan makanan sehat sesuai selera.  

Lunch (12.00-14.30)

Meals
Meals/pexels.com

Rentang waktu dari jam 12.00 hingga 20.00 adalah waktu ideal bagi sistem pencernaan manusia untuk bekerja dengan maksimal.

Jadi sebagian besar nutrisi harus dikonsumsi pada waktu-waktu ini. Kamu bisa padukan menu sayuran, lauk pauk dan karbohidrat sesuai selera. Seperti halnya plecing kangkung, ayam, tempe tahu dan juga nasi merah.

Kalau tak mau repot, kamu bisa juga memesan catering sehat untuk menu makan siang.

Snacking (15.30-17.00)

Sama halnya dengan brunch, kamu bisa pilih berbagai menu camilan sehat. Seperti halnya buah potong segar, jus, salad, granola, buah kering atau yoghurt.

Dinner (18.30-20.00)

Usahakan makan malam dilakukan di awal waktu, sebab hal ini akan membantu proses metabolisme dan sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Semakin malam kamu mengonsumsi makanan maka memaksa tubuh kerja lebih keras dalam memproses makanan tersebut. Pilihan menu hampir sama dengan lunch.

Snacking optional (20.30 22.00)

Dark chocolate
Dark chocolate/pexels.com

Pada rentang waktu 20.00 hingga 04.00 adalah waktu ideal untuk proses bagi nutrisi untuk membaur ke dalam tubuh dan sistem tubuh mulai melambat. Di waktu-waktu ini, kamu tidak disarankan mengonsumsi makanan berat ya.

Pilihan menu di malam hari kamu bisa memilih makan dark chocolate, kacang pistachio, susu hangat dengan madu, almond atau roti gandum. Pastikan untuk membatasi porsinya agar tidak berlebihan dan juga mencukupi kebutuhanmu.

Itulah jadwal makan terbaik dalam sehari. Lakukan sebanyak 6 kali dan juga batasi porsi sesuai dengan kebutuhanmu ya. Pastikan untuk memperbanyak asupan protein dan lemak sehat dibandingkan dengan karbohidrat ya. Agar lebih yakin, masaklah makanan kamu sendiri atau dengan memesan catering sehat. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id