sign up SIGN UP

LIFE

Daging Melimpah Saat Idul Adha? Simak Tips Mengolah Daging Sapi Agar Empuk Saat Dimasak

Lifia Mawaddah Putri | Jumat, 31 Jul 2020 12:00 WIB
Daging Melimpah Saat Idul Adha? Simak Tips Mengolah Daging Sapi Agar Empuk Saat Dimasak
caption
Jakarta -

Seluruh umat muslim tengah merayakan Hari Raya Idul Adha. Pada perayaan Idul Adha, para umat muslim akan memotong hewan qurban berupa sapi, kambing, dan domba untuk dibagikan ke orang-orang yang membutuhkan. Nah, untuk mengolah daging, kamu perlu melakukan trik khusus agar lebih lembut dan empuk. Yuk simak tipsnya berikut ini!

Rendam dengan Baking Powder

Baking powder bisa digunakan untuk membuat daging jadi lebih empuk
Daging Sapi/freepik.com

Tips pertama yang bisa kamu coba agar olahan dagingmu lebih lembut dan empuk adalah rendam dengan baking powder. Coba rendam daging yang ingin kamu olah selama semalam di dalam bumbu yang telah dibubuhi baking powder. Cara yang satu ini cocok untuk dilakukan jika kamu ingin membuat hidangan daging lada hitam atau sate.


Taburkan Garam Laut

Garam laut bisa membuat daging sapi menjadi lembut
Daging Sapi/freepik.com

Bahan yang satu ini bukan hanya bisa kamu gunakan untuk bumbu dapur saja. Kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat olahan daging jadi lebih empuk. Sebab, garam mampu menghancurkan ikatan protein yang ada di dalam daging. Jika kamu ingin menggunakan metode ini, taburkan garam laut ke seluruh permukaan daging. Diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, basuh dengan air bersih dan mulailah masak seperti biasa.

Gunakan Kopi

merendam daging sapi di dalam air kopi dapat membuat daging lebih empuk
Daging Sapi/freepik.com

Jangan salah! Kopi juga bisa bermanfaat untuk membuat daging jadi lebih empuk lho. Bahkan, kopi juga bisa membuat daging sapi memiliki aroma yang sedap saat dimasak. Caranya, seduh kopi kental lalu diamkan hingga dingin. Kemudian, rendam daging yang ingin kamu olah ke dalam air kopi tersebut selama 24 jam. Lalu, cuci daging tersebut dan olah seperti biasa.

Pukul-Pukul Daging Sapi

Memukul daging sapi dapat membuat lebih empuk
Daging Sapi/freepik.com

Cara yang satu ini sudah banyak diketahui dan dilakukan untuk membuat daging sapi jadi lebih empuk. Hal ini dikarenakan memukul dipercaya dapat membantu merenggangkan jaringan pada daging yang membuatnya keras. Kamu bisa menggunakan talenan sebagai alas, lalu bantuan alat pemukul. Pukul-pukul kedua sisi daging hingga teksturnya menjadi lebih empuk. Tapi, jangan terlalu keras ya, Beautynesian. Sebab, sari daging akan keluar jika kamu terlalu keras memukul daging tersebut.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id