sign up SIGN UP

LIFE

Dianjurkan Dikonsumsi, Ternyata Ini 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatanmu!

Lifia Mawaddah Putri | Kamis, 29 Apr 2021 10:00 WIB
Dianjurkan Dikonsumsi, Ternyata Ini 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatanmu!
caption

Bulan Ramadan sangat identik dengan buah kurma. Pasalnya, buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi baik saat sahur maupun berbuka puasa. Namun, bukan tanpa alasan buah kurma sangat dianjurkan. Selain kelezatannya, kurma juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Penasaran? Yuk langsung simak 5 manfaatnya berikut ini!

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat sangat berperan penting untuk meningkatkan kesehatan usus besar. Selain itu, serat juga dapat membuat buang air besar lebih teratur.
Kurma/freepik.com

Serat sangat berperan penting untuk meningkatkan kesehatan usus besar. Selain itu, serat juga dapat membuat buang air besar lebih teratur. Nah, buah kurma mengandung serat tidak larut dan larut. Sehingga kandungan ini dapat membantu membersihkan sistem pencernaan serta membuat usus bekerja dengan baik. Manfaat lain dari mengonsumsi kurma adalah mengurangi risiko kolitis, kanker usus besar, dan wasir.

Baik Untuk Penderita Maag

Serat yang terkandung dalam buah kurma juga dapat mengobati sakit maag lho! Kandungan serat ini dapat membantu mengurangi peradangan pada dinding lambung. Selain itu, serat pada buah kurma juga akan menetralisir tingginya asam lambung. Oleh sebab itu, buah kurma sangat baik untuk kamu konsumsi saat berbuka puasa.

Mengganti Elektrolit yang Hilang

Bukan hanya air kelapa yang bisa membantu mengganti elektrolit yang hilang. Buah kurma juga bisa lho, Beautynesian.
Kurma/freepik.com

Bukan hanya air kelapa yang bisa membantu mengganti elektrolit yang hilang. Buah kurma juga bisa lho, Beautynesian. Sebab, buah kurma mengandung kadar potassium yang tinggi. Kandungan ini merupakan salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga kurma mampu menguatkan tubuh sekaligus membangun otot di dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Penelitian menunjukkan bahwa kurma dapat mengurangi inflamasi di otak. Sehingga kurma bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit neurodegenereatif seperti Alzheimer. Penelitian lain pada tikus juga menemukan bahwa kurma dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar secara signifikan. Kemudian, kurma juga bisa mengurangi gejala kecemasan.

Mencegah Anemia

Terakhir, buah kurma juga sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Jadi, kamu enggak akan mudah lelah dan pucat karena anemia.
Kurma/freepik.com

Terakhir, buah kurma juga sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Jadi, kamu enggak akan mudah lelah dan pucat karena anemia. Jika kamu mengonsumsi kurma setiap hari, kandungan zat besi pada buah ini pun akan meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini pun sangat bermanfaat bagi kamu yang sering mengalami anemia sehingga puasamu pun jadi lebih kuat dan lancar.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id