sign up SIGN UP

LIFE

Enak dan Menyehatkan, 5 Minuman Ini Juga Bisa Meredakan Asam Lambung

Ade Irma Suryani | Kamis, 17 Sep 2020 08:30 WIB
Enak dan Menyehatkan, 5 Minuman Ini Juga Bisa Meredakan Asam Lambung
caption
Jakarta -

Mempunyai masalah yang berkenaan dengan asam lambung memang membuat tubuh tidak nyaman dan juga kesakitan. Namun, selain menggunakan obat tertentu, asam lambung juga dapat diredakan dengan mengonsumsi beberapa minuman sehat lho! Khususnya seperti 5 jenis minuman berikut ini.

 

1. Jus Buah

Beberapa dari jus buah tertentu dapat meredakan asam lambung.
Jus Buah/Foto: Freepik.com

Jus dari beberapa buah tertentu seperti semangka, pisang, bit, dan pir bisa kamu konsumsi untuk meredakan asam lambung. Namun untuk jenis buah-buahan citrus seperti jeruk, grapefruit, atau nanas perlu kamu hindari, Ladies. Karena buah-buahan dengan rasa asam tersebut tentunya dapat meningkatkan asam lambung. Tak hanya jus dari buah-buahan saja, kamu pun juga dapat membuat jus dari sayuran yang kandungan asamnya lebih rendah, seperti bayam, wortel, mentimun, ataupun tanaman lidah buaya. 


 

2. Smoothie

Smoothie merupakan salah satu minuman yang dapat redakan asam lambung.
Smoothie/Foto: Freepik.com 

Selain enak dan juga menyehatkan, smoothie juga menjadi salah satu minuman yang baik dalam meredakan asam lambung. Meskipun begitu, kamu tetap perlu menghindari buah-buahan yang memicu naiknya asam lambung. Jadi pilihlah buah-buahan yang aman untuk lambung, seperti pisang, alpukat, pir, semangka atau yang lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkannya dengan bayam atau kale.

 

3. Air Kelapa

Air kelapa dapat meredakan asam lambung.
Air Kelapa/Foto: Freepik.com 

Minuman yang disukai oleh banyak orang ini ternyata juga dapat membantu meredakan masalah asam lambung. Hal ini lantaran kandungan kalium yang terdapat pada air kelapa dapat membuat tingkat asam dalam tubuh menjadi basa, sehingga mampu menetralisir asam lambung yang berlebihan. Sebaiknya, konsumsilah air kelapa murni tanpa gula ya, Ladies. 

 

4. Teh Herbal

Teh herbal dapat meredakan asam lambung.
Teh Herbal/Foto: Freepik.com

Minuman berupa teh herbal juga dapat kamu konsumsi untuk meredakan gejala asam lambung. Namun bagi kamu yang menderita asam lambung, tak semua teh herbal boleh kamu konsumsi lho. Teh herbal yang boleh kamu konsumsi adalah yang bebas kafein, seperti teh chamomile dan teh licorice. Konsumsilah teh herbal tersebut satu hingga dua kali sehari. Sementara itu, hindari juga teh peppermint, karena dapat memicu refluks asam lambung bagi orang yang sistem pencernaannya cenderung sensitif. 

 

5. Susu Nabati

Susu Nabati dapat redakan asam lambung.
Susu Nabati/Foto: Freepik.com. 

Nah Ladies, bagi kamu penggemar susu nabati, ternyata jenis susu ini juga bermanfaat dalam meredakan asam lambung. Kamu dapat memilih beberapa dari susu nabati tersebut sesuai selera, seperti susu almond, susu kedelai atau susu kacang mede.

Itulah beberapa jenis minuman sehat yang dapat membantu meredakan asam lambung. Namun yang tidak kalah jauh lebih pentingnya, ubahlah gaya hidup agar tetap sehat. Hal ini sendiri penting untuk dilakukan agar terhindar dari penyakit asam lambung.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id