sign up SIGN UP

LIFE

5 Mitos Maag yang Salah Kaprah

Fauziana Hilda | Sabtu, 27 Jun 2020 08:00 WIB
5 Mitos Maag yang Salah Kaprah
caption

Dalam bahasa medis, penyakit maag sering dikenal dengan istilah gastritis. Ini merupakan penyakit peradangan, iritasi atau erosi pada lapisan lambung yang bisa terjadi secara tiba-tiba, bertahan, dan bahkan dapat berlangsung lama. 

Sakit maag menjadi penyakit umum yang banyak diderita orang dan masih banyak orang yang menganggap penyakit ini sepele. Banyak pula bermunculan mitos-mitos tentang penyakit ini. Biar kamu enggak salah kaprah lagi, langsung aja simak lima mitos penyakit maag berikut ini. 

Tidak Boleh Berpuasa

Sakit Maag Tidak Boleh Berpuasa
Tidak Boleh Berpuasa/ Foto: Freepik.com

Mitos yang pertama adalah tidak boleh berpuasa. Bagi penderita maag, mitos ini mungkin tak asing didengar dan mungkin dipercaya karena pada umumnya penderita maag tidak boleh sampai terlambat makan. 


Faktanya, penderita maag tidak memiliki larangan untuk berpuasa. Jika ingin puasa, sebaiknya tetap imbangi dengan makanan yang sehat saat berbuka dan sahur. Hindari juga makanan yang dapat memicu maag. Bagi kamu penderita maag akut, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum berpuasa. 

Minum Air Perasan Jeruk Lemon

Mitos Minum Air Lemon
Air Lemon/ Foto: Freepik.com

Banyak orang beranggapan bahwa kandungan asam yang terdapat pada lemon menjadi pemicu maag. Ternyata ini adalah mitos karena pemicu maag bukan disebabkan dari tingkat keasamannya. Ini mungkin terjadi karena adanya sugesti memakan lemon bisa menimbulkan maag.

Asam dari lemon tidak kalah kuat dengan asam lambung yang dirasakan penderita maag. Jadi hal ini tidak akan mempengaruhi penyakit maag yang kamu rasakan.

Meminum Susu Bisa Menyebabkan Maag

Mitos Minum Susu Dapat Menyebabkan Maag
Minum Susu/ Foto: Freepik.com

Mitos meminum susu dapat menjadi pemicu gejala maag masih jadi perdebatan. Namun menurut fakta, adanya kandungan seperti lemak, karbohidrat, laktosa, kalsium, fosfor, vitamin A, dan D dalam susu sangat baik untuk sistem pencernaan. Kamu tak perlu khawatir lagi untuk meminum susu saat perut kosong. 

Mitos Yogurt Dapat Menyebabkan Maag

Mengonsumsi Yogurt Dapat Menyebabkan Maag
Mitos Yogurt/ Foto: Freepik.com

Yogurt juga sering menjadi mitos penyebab munculnya maag. Faktanya, makanan yang berasal dari olahan susu fermentasi ini ternyata sangat baik untuk penderita maag.

Kandungan asam laktat yang ada dalam yogurt mampu menyehatkan luka pada dinding lambung. Adanya kandungan lain seperti probiotik atau bakteri baik dalam yogurt juga bermanfaat meningkatkan kesehatan usus dan menghambat pertumbuhan Helicobacter pylori yang menyebabkan maag.

Maag Bukan Termasuk Penyakit yang Serius 

Mitos Yogurt Dapat Menyebabkan Maag
Maag Bukan Penyakit Serius/ Foto: Freepik.com

Penyakit maag sangat umum di kalangan masyarakat. Namun meski umum, maag sebenarnya tidak boleh dianggap sepele. Jika dibiarkan terlalu lama tanpa ada penanganan serius, maag dapat menyebabkan risiko kanker perut, lho. Jadi sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius agar kamu tidak terkena risiko kanker perut, ya.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id