sign up SIGN UP

LIFE

Gak Hanya Kopi, 7 Makanan dan Minuman Ini Juga Bisa Kamu Konsumsi Saat Mengantuk

Intan Dwi | Selasa, 16 Jun 2020 14:00 WIB
Gak Hanya Kopi, 7 Makanan dan Minuman Ini Juga Bisa Kamu Konsumsi Saat Mengantuk
caption

Rasa kantuk memang kadang datang di waktu yang nggak tepat dan itu membuat kamu tidak bisa berhenti menguap. Saat rasa kantuk menyerang, kebanyakan orang akan minum secangkir kopi untuk menghilangkan rasa kantuk. Padahal, selain kopi ada lho beberapa makanan dan minuman yang bisa membuat kamu lebih bersemangat saat menjalani kegiatan. Ada apa aja ya?

Ice Cream

image
Ice Cream 2/freepik.com

Berbahagialah bagi kalian pecinta es krim, karena ternyata es krim ini salah satu makanan yang bisa menghilangkan rasa ngantuk lho! Memiliki rasa yang manis dan nikmat saat mengonsumsinya dijamin rasa kantuk kamu akan hilang. Dengan sensasi dingin yang masuk ke tenggorokan itu membuat tubuh kamu terasa berenergi dan segar.


Teh

image
Teh/freepik.com

Siapa sih yang tidak menyukai teh? Apalagi diseduh dengan air panas, wah pastinya menikmati teh di siang hari akan terasa nikmat. Tapi, tahukah Kamu bahwa ternyata teh juga menyimpan kandungan kafein loh! Jadi kalau kamu merasa ngantuk pada saat berkerja, langsung saja bikin secangkir teh hangat. Dijamin rasa ngantuk akan langsung pergi.

Yoghurt

image
Yoghurt/freepik.com

Kandungan gula alami dan protein yang terdapat dalam yoghurt bisa membuat tubuh lebih segar. Apalagi kalau kamu mengkonsumsi yoghurt dingin. Selain itu, probiotik bakteri dalam yoghurt juga bermanfaat untuk sistem pencernaan.

Telur

image
Telur/freepik.com

Kalau kamu merasa ngantuk di kantor atau sekolah, mungkin kamu bisa mencoba makan telur sebagai menu makan siang. Ternyata makanan berbentuk bulat lonjong ini juga bisa mengusir rasa kantuk lho! Kamu bisa memasak telur dengan variasi yang sesuai dengan selera kamu. Karena, kandungan protein serta kolin di dalam telur bisa memberikan energi lebih besar untuk tubuh kamu. Jadi, rasa kantuk pun hilang deh!

Kacang Kenari

image
Kacang Kenari/freepik.com

Makanan selanjutnya yang bisa menghilangkan rasa kantuk adalah kacang kenari. Meskipun memiliki ukuran yang kecil mungil, ternyata kandungan gizi dalam kenari cukup tinggi. Disebutkan dalam sebuah studi, kacang kenari mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh. Dengan demikian, kacang ini sangat cocok dijadikan cemilan di siang hari.

Air Mineral

image
Air Mineral/freepik.com

Rasa mengantuk dan lelah yang menyerang kamu bisa juga disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cairan. Meski efeknya tidak sekuat kopi, namun air putih juga bisa dikonsumsi untuk menghilangkan rasa ngantuk. Air putih dapat membuat tubuh kita menjadi bugar kembali dan meningkatkan konsentrasi.

Oatmeal

image
Oatmeal/freepik.com

Dilansir dari Women’s Health, semangkuk oatmeal merupakan menu terbaik untuk sarapan sehat penuh energi. Menu sarapan ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cukup untuk membuat tubuh jadi penuh tenaga. Makanan ini juga mengalami proses ‘pembakaran’ alami di dalam tubuh.

Nah itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa menghilangkan rasa kantuk. Kalian bisa coba untuk mengkonsumsinya agar lebih bersemangat untuk beraktivitas.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id