sign up SIGN UP

LIFE

Atasi Gejala Kurang Serat dengan Konsumsi Makanan Ini, Yuk!

Penny Fatikasari | Kamis, 21 May 2020 02:00 WIB
Atasi Gejala Kurang Serat dengan Konsumsi Makanan Ini, Yuk!
caption
Kurang serat kerap kali dialami oleh seseorang yang kurang memperhatikan pola makan yang sehat dan kandungan nutrisi pada makanannya.

Gejala yang timbul akibat tubuh kurang serat adalah tubuh menjadi lemah, susah buang air besar, sulit menurunkan berat badan bahkan mudah merasa lapar. Kamu pun bisa mengatasi gejala kurang serat dengan mengkonsumsi makanan ini, lho! Berikut di antaranya:
 


Brokoli


Foto: https://www.rawpixel.com/

Yup! Tahukah kamu jika brokoli mengandung vitamin B, vitamin C , vitamin K, zat besi hingga antioksidan yang sangat tinggi? Nggak perlu diragukan lagi jika sayuran berwarna hijau ini pun sangat digemari tak hanya sebagai makanan untuk diet namun pula sebagai hidangan favorit untuk keluarga di rumah. Sudah nggak asing lagi jika brokoli juga sangat baik untuk kesehatan tubuh serta memilki kandungan serat yang tinggi. Maka dari itu, pencernaanmu pun akan semakin lancar bila sering mengkonsumsinya.
 


Nasi Merah atau Beras Merah


Foto: https://www.rawpixel.com/

Nasi putih memang menjadi menu andalan bagi kebanyakan orang pada makanan pokoknya sehari-hari. Tetapi, berbicara tentang serat, nasi putih kurang memiliki kandungan serat bila dibandingkan dengan nasi merah yang memilki banyak  kandungan serat dan vitaminnya. Tak hanya itu, nasi merah pun banyak dipilih sebagai menu efektif bagi seseorang  yang ingin menjalani program diet. Tak hanya serat, nasi merah juga kaya akan karbohidrat, lemak, protein, vitamin B6 hingga fosfor yang sangat baik bagi tubuhmu, lho!
 



Kacang Almond


Foto: https://www.rawpixel.com/

Yup! Camilan yang bisa dijadikan sebagai teman nongkrong ketika di rumah aja ini juga memiliki kandungan serat yang baik bagi tubuhmu, lho! Satu ons almond setara dengan 3,5 gram serat. Alangkah lebih baiknya jika mengkonsumsi almond tanpa campuran cokelat ataupun pemanis lainnya agar berat badanmu enggak cepat naik seketika.
 


Apel


Foto: https://www.rawpixel.com/

Buah apel juga memiliki kandungan serat, alangkah lebih baik bila mengkonsumsi buah apel secara utuh tanpa dikupas kulitnya. Menurut penelitian bahwa buah apel mengandung serat sebanyak 4 gram, tak hanya itu buah apel pun memiliki kandungan karoten yang baik bagi kesehatan tubuhmu.
 


Ubi Jalar


Foto: https://www.freepik.com/

Mengkonsumsi ubi jalar juga sangat baik bagi pencernaanmu, lho! Jika warna ubi jalar semakin pekat maka ia memiliki kandungan antioksidan serta membantu menjaga kekebalan pada tubuh. Tak hanya itu, ubi jalar juga mengandung vitamin B6, beta karoten, serta kalium yang baik bagi tubuh serta membantu menjaga kecantikan kulitmu.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id