sign up SIGN UP

LIFE

Idul Adha Segera Tiba! Intip 5 Tips Mengolah Daging Agar Cepat Empuk

Lifia Mawaddah Putri | Minggu, 18 Jul 2021 22:00 WIB
Idul Adha Segera Tiba! Intip 5 Tips Mengolah Daging Agar Cepat Empuk
Daging mentah/Foto: freepik/lsantilli

Tak terasa sebentar lagi hari raya Idul Adha akan tiba. Pastinya, akan banyak orang yang mengolah daging sebagai menu makanan. Nah, daging yang enak tentunya adalah daging yang empuk dan lembut saat dimakan. Untuk membuatnya, kamu perlu melakukan beberapa trik saat mengolah daging sebelum dimasak. Berikut ini, Beautynesia.id punya 5 tips yang mudah untuk mengolah daging agar cepat empuk. Penasaran? Yuk langsung simak tipsnya di bawah ini.

Memukul Daging

Tips yang paling umum diketahui untuk membuat daging cepat empuk adalah dengan memukul-mukulnya sebelum dimasak.
Daging mentah/Foto: freepik/zukamilov

Tips yang paling umum diketahui untuk membuat daging cepat empuk adalah dengan memukul-mukulnya sebelum dimasak. Pukul daging dengan merata ke seluruh permukaan daging di kedua sisi dengan kekuatan sedang. Memukul daging akan membantu menghancurkan zat yang membuat daging keras sehingga daging pun akan cepat empuk dan lembut.

Menggores Permukaan Daging

Tips kedua untuk mengolah daging agar cepat empuk adalah dengan menggores permukaan daging. Sayat permukaan daging tipis-tipis dengan pola garis melintang. Kamu juga bisa menusuk daging dengan garpu pada beberapa bagian secara merata. Cara ini bukan hanya membuat daging cepat empuk, tapi juga dapat membuat bumbu meresap sempurna.

Marinasi Daging

Marinasi merupakan proses membui daging yang dapat dilakukan dengan garam, lemon, atau cuka.
Daging mentah/Foto: freepik/jenylk

Marinasi merupakan proses membui daging yang dapat dilakukan dengan garam, lemon, atau cuka. Diamkan daging selama 30 menit sebelum dimasak. Selain memperkuat rasa, marinasi dapat menghancurkan zat yang membuat daging menjadi keras. Daging pun akan terasa lembut dan mudah dikunyah.

Masak dengan Api Kecil

Cara memasak juga bisa berpengaruh lho, Beauties. Agar daging cepat empuk, masak daging dengan menggunakan api kecil hingga sedang. Cara ini dapat membuat daging melepas serat otot yang keras. Kamu juga bisa menambahkan campuran rempah seperti jahe, serai dan kemangi untuk menghilangkan bau amis.

Potong Berlawanan dengan Serat

Terakhir, tips untuk mengolah daging agar cepat empuk adalah dengan memperhatikan serat dagingnya.
Memotong daging/Foto: freepik/javi_indy

Terakhir, tips untuk mengolah daging agar cepat empuk adalah dengan memperhatikan serat dagingnya. Potong daging tersebut berlawanan arah dengan serat. Serat pada daging terlihat memanjang. Nah, kamu bisa memotongnya ke arah lain. Hal ini bertujuan agar serat daging menjadi lebih pendek dan lembut saat dikunyah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id