sign up SIGN UP

LIFE

Konsumsi Makanan Ini Untuk Tingkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit

Astari Dewi Larasati | Kamis, 13 Aug 2020 18:00 WIB
Konsumsi Makanan Ini Untuk Tingkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit
caption
Jakarta -

Menjaga kesehatan tubuh saat ini adalah suatu kewajiban yang perlu dilakukan. Apalagi di luar rumah banyak virus sehingga imun tubuh perlu ditingkatkan. Cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh bisa dengan berbagai cara, salah satunya adalah mengonsumsi makanan bergizi.

Nutrisi dalam makanan tertentu ditemukan telah terbantu membantu mendukung sistem imun tubuh. Selain itu, bisa diiringi dengan tidur yang cukup, jaga kebersihan, hingga olahraga teratur. Yuk konsumsi makanan berikut ini untuk tingkatkan imun tubuh.

Oats

Oats mengandung zat besi dan beta glukan.
Oats/freepik.com

Oats adalah makanan terbaik yang bisa dipadukan dengan rasa lain serta mengandung zat besi. Selain itu, oats terdapat beta glukan yang berperan dalam mengaktifkan sel pembunuh untuk membantu mengendalikan infeksi virus. Waktu terbaik untuk mengonsumsi oats adalah saat sarapan atau pagi hari.

Salmon

Salmon mengandung DHA dan asam lemak.
Salmon/freepik.com

Ikan berlemak seperti salmon mengandung DHA serta asam lemak yang telah terbukti meningkatkan aktivitas sel darah putih dan membantu mendukung kesehatan tubuh. Salmon bisa diolah dengan berbagai cara, namun lebih baik jika dipanggang. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kandungan gizi dalam salmon.

Alpukat

Alpukat mengandung vitamin C, E, dan lemak sehat.
Alpukat/freepik.com

Mungkin masih banyak yang belum tahu alpukat mampu meningkatkan imun tubuh. Tidak hanya lezat, buah ini mengandung vitamin C, E, dan lemak sehat. Selain itu merupakan sumber glutathione serta antioksidan yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Usahakan saat mengonsumsi alpukat tidak menambahkan pemanis apapun seperti gula atau susu.

Yoghurt

Yoghurt mengandung vitamin D dan probiotik.
Yoghurt/freepik.com

Yoghurt susu asli tanpa tambahan gula adalah makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh. Terdapat kandungan vitamin D, probiotik atau bakteri hidup. Memilih yoghurt dengan bakteri aktif dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Namun, ingatlah bahwa tidak semua yoghurt mengandung probiotik.

Telur

Telur mengandung protein penting untuk imun tubuh.
Telur/freepik.com

Jika mencari makanan yang mempunyai harga murah dan mudah saat dimasak, maka jawabannya adalah telur. Telur mengandung protein penting untuk membantu mengurangi resiko alergi makanan dan meningkatkan imun tubuh. Agar menjaga kandungan nutrisi dalam telur, lebih baik mengelolanya dengan merebus daripada menggoreng. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id