sign up SIGN UP

LIFE

Makan Nasi Bikin Gemuk Beneran, ya? Simak 4 Faktanya!

Izzul Millati Umami | Sabtu, 01 May 2021 18:00 WIB
Makan Nasi Bikin Gemuk Beneran, ya? Simak 4 Faktanya!
caption

“Stop makan nasi kalau mau turunkan berat badan dengan cepat!”

Bener nggak sih statement seperti ini? Apakah benar kalau nasi memang sangat berbahaya bagi tubuh? Apakah tidak ada toleransi bagi mereka yang ingin kurus tanpa perlu meninggalkan nasi putih? 

Daripada menerka-nerka, yuk coba simak 4 fakta seputar nasi berikut ini.

1. Semua itu tergantung pada berapa jumlah nasi yang dikonsumsi

jumlah nasi yang dikonsumsi
jumlah nasi yang dikonsumsi/sumber:pexels.com

Meski beberapa riset membenarkan bahwa nasi putih bikin gemuk, sejumlah studi justru menyangkalnya. Kegemukan, faktanya, sangat tergantung pada jumlah porsi makanan yang masuk ke tubuh. Jadi, bukan kandungan dalam nasi putih yang bikin gemuk, melainkan porsi nasi yang terlalu banyak. 

Masyarakat Indonesia sendiri diketahui memakan 3 porsi nasi setiap harinya. Tanpa sadar, kalkulasi jumlah porsi nasi dikali ukuran piring ini jumlahnya sangat besar. Bandingkan dengan negara timur seperti Jepang dan china yang memakan hanya satu mangkok kecil per porsinya. 

2. Nasi putih membuat nafsu makan meningkat

nafsu makan meningkat
nafsu makan meningkat/sumber:pexels.com

Banyak studi yang menyebutkan kalau konsumsi nasi putih bisa memicu nafsu makan semakin menjadi-jadi. Bila dari awal porsi nasi yang kamu sediakan di piring amat besar, kamu akan terpicu mencoba makanan lain setelahnya.  Jadi, tak mengapa kamu menyantap nasi putih, namun catat untuk mengatur porsinya, ya. 

3. Kebiasaan makan orang Indonesia dengan nasi putih memicu kegemukan

nasi putih picu kegemukan/
nasi putih picu kegemukan/sumber:pexels.com

Sudah sejak zaman nenek moyang masyarakat Indonesia terkenal punya kebiasaan makan dengan sambal. Memang, mayoritas masyarakat Indonesia sangat suka masakan pedas. Saat memakan nasi putih pun, selalu ada sambal yang tersedia di pinggiran piring.

Fakta bahwa sambal bisa memicu nafsu makan membuat orang Indonesia jadi sering menambah porsi nasi putih saat makan. Ini lah salah satu penyebab kegemukan dengan nasi putih yang nggak disadari. 

4. Tidak mengimbangi makan nasi putih dengan serat dan mineral yang dibutuhkan

Nasi putih memang punya kandungan serat yang sedikit. Namun, bukan berarti hal ini jadi faktor yang membuat kegemukan terjadi. Ada baiknya imbangi makan nasi putih dengan serat yang dibutuhkan seperti sayur-sayuran. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi air mineral secukupnya setelah makan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id