sign up SIGN UP

LIFE

Menu Makan Sehat untuk Diet Pasca Melahirkan

Arum Effendi | Kamis, 03 Mar 2016 10:00 WIB
Menu Makan Sehat untuk Diet Pasca Melahirkan
caption
Setelah proses persalinan, umumnya para ibu akan mengalami pertambahan berat badan yang cukup drastis dari kondisi normal. Hal ini terjadi karena nafsu makan yang meningkat, sehingga ibu akan selalu merasa lapar. Menjaga pola makan sehat, menyusui, dan olahraga secara teratur merupakan cara-cara tepat untuk mendapatkan kembali tubuh yang ideal.
Nah, menu diet yang sehat ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu coba di rumah. Makanan pasca melahirkan di bawah ini mengandung takaran gizi dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral, serta serat yang cukup untuk tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, selalu periksa makanan yang akan kamu konsumsi dari penggunaan pestisida, pengawet, dan zat adiktif yang tidak baik untuk tubuh.
Foto: https://7startips.com/wp-content/uploads/2015/11/healthy-foods-for-mother.jpg

1. Sarapan


Pilihan pertama, kamu bisa menyiapkan sereal dengan susu semi-skim dan ditutup dengan buah-buahan segar. Irisan pisang yang ditambahkan dalam sereal merupakan makanan pasca melahirkan yang disarankan. Jika tidak terlalu terbiasa sarapan dengan sereal, kamu bisa mencoba pilihan kedua, yaitu semangkuk buah-buahan segar yang disajikan dengan segelas yogurt alami. Atau, kamu bisa mencoba pilihan ketiga, yaitu roti gandum yang diolesi selai atau margarin rendah lemak, lalu dibakar.

4. Camilan Sore Hari


Di sore hari, ada beberapa opsi makanan diet pasca melahirkan yang baik untuk kamu coba. Kamu bisa memilih antara buah segar, sereal, biskuit, atau kue buatan sendiri yang berbahan dasar tepung beras. Kamu juga bisa menambahkan selai kacang pada kue tersebut untuk menambah nafsu makan.

5. Makan Malam


Menu makan malam bisa kamu isi dengan pasta atau kentang panggang dengan olahan ayam atau ikan dan sayuran. Kedua, kamu juga bisa menghidangkan nasi dengan ayam, ikan, seafood, atau telur yang diolah sesuai selera. Sebagai makanan pencuci mulut, buah-buahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Buah-buahan tersebut bisa kamu olah dengan cara direbus, dipanggang, atau dibakar, dengan taburan gula atau sedikit siraman yogurt.

6. Susu untuk Ibu yang Aman Bagi Diet


Sebagian ibu mungkin bertanya-tanya tentang pentingnya mengonsumsi susu setelah proses persalinan. Ada dari mereka yang tidak ingin minum susu karena takut berat badan semakin naik. Nah, tahukah kamu, sebenarnya susu sangat dibutuhkan kaum ibu, terutama jika sedang menyusui. Jika kamu mencari susu yang aman untuk diet, kamu bisa mencoba Prenagen Lactamom yang tersedia dalam varian rasa cokelat, vanila, dan moka ini. Selain kaya zat besi dan kalsium, susu ini rendah lemak sehingga aman untuk dikonsumsi.
Foto: https://www.kalbestore.com/content/product/201640250230_LACTAMOM-Coklat-200-kanan.jpg
Nah, itulah menu makan sehat yang bisa kamu coba setelah proses persalinan. Kamu bisa mengombinasikan pilihan-pilihan menu di atas agar tidak bosan. Yang perlu kamu ingat, selalu gunakan bahan makanan rendah lemak agar memberikan efek yang baik untuk tubuh. Dengan pola makan yang seimbang dan teratur, kamu akan mendapatkan kembali bentuk dan ukuran tubuh yang ideal seperti semula.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id