sign up SIGN UP

Mitos dan Fakta Minuman Berkolagen, Benarkah Bisa Mengatasi Semua Masalah Kulit?

Hani Arifah | Sabtu, 13 Mar 2021 19:30 WIB
Mitos dan Fakta Minuman Berkolagen, Benarkah Bisa Mengatasi Semua Masalah Kulit?
caption
Jakarta -

Seiring berjalannya waktu, produk-produk kecantikan semakin berkembang pesat. Dengan teknologi-teknologi canggih yang ada sekarang, lahir produk-produk kecantikan baru dengan banyak varian. Produk kecantikan kulit wajah atau yang biasa disebut dengan skincare memang sangat penting untuk menangani berbagai permasalahan kulit dan menjaganya tetap sehat. Selain skincare untuk menangani permasalahan kulit wajah dari luar, kini hadir produk-produk kecantikan yang berbentuk suplemen.

Suplemen ini dapat dikonsumsi untuk membantu menangani permasalahan kulit dari dalam.

Collagen ProductFoto:health.compas.com/illustrasi makanan kolagen
Collagen Product

Salah satu suplemen kulit yang saat ini banyak dijual di pasaran adalah produk yang mengandung kolagen. Dikutip dari channel YouTube Dokter Monita, dikatakan bahwa kolagen merupakan protein structural yang berada dalam tubuh kita, terutama di bagian otot/tendon, kulit bagian dermis, dan gigi. Terdapat 75% kolagen yang ada di dalam tubuh kita. Kolagen tersebut juga dapat mengalami kerusakan yang disebabkan oleh berbagai faktor. 

Collagen diagramFoto:pinterest/ogumanne12
Collagen Diagram

Kolagen tersebar di beberapa bagian tubuh dan memiliki peran penting untuk tubuh kita. Lalu bagaimana jika tubuh kita kekurangan kolagen? Kurangnya kolagen pada tubuh kita mengakibatkan berbagi permasalahan seperti kulit kendur, keriput, nyeri pada sendi, kerusakan pada kuku, dan lain-lain.

Kolagen dalam WajahFoto:pinterest/5minutecraftsfamily
Kolagen dalam Wajah

 

Mitos dan Fakta Minuman Kolagen

Banyak sekali produk minuman berkolagen yang diklaim dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti kulit kusam, kulit berjerawat, flek hitam, dan kulit kendur. Bahkan ada yang mengekalim bahwa produk-produk tersebut bisa mengencangkan payudara dan bokong. Yang semakin menarik, produk minuman berkolagen juga diklaim bisa meningkatkan kualitas tidur. 

Tentu saja hal ini menjadi pro dan kontra mengingat sudah banyak studi yang meneliti tentang kolagen ini. Lalu, apa saja mitos dan fakta seputar produk berkolagen yang beredar di pasaran?

Mitos Produk Minuman Berkolagen

1. Bisa Membesarkan Payudara dan Bokong

Selain mencerahkan wajah, banyak sekali produk-produk berkolagen yang mencantumkan klaim dalam kemasannya bahwa produk minuman berkolagen bisa membesarkan payudara dan bokong. 

2. Bisa Menyembuhkan Jerawat

Tak jarang produk minuman berkolagen juga memberi iming-iming bahwa produk mereka bisa menyembuhkan jerawat yang ada di tubuh, terutama bagian wajah. Bahkan tak sedikit yang mencantumkan klaim dapat menyembuhkan luka operasi di kemasan produknya. 

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Dikutip dari channel YouTube dr. Richard Lee, menyenyakkan tidur dianggap terlalu overclaim karena tidak ada hubungan antara minuman berkolagen dengan kualitas tidur.

Fakta Minuman Berkolagen

1. Minuman Berkolagen yang Baik Memiliki Kandungan12000mg Kolagen Terhidrolisa

Dikutip dari channel YouTube dr. Richard, tubuh kita memerlukan 12000mg kolagen terhidrolisa setiap harinya. Produk-produk yang tersebar di Indonesia rata-rata hanya mengandung kurang dari 5000mg kolagen terhidrolisa, yang mana dosis tersebut tidak memenuhi kebutuhan kolagen untuk tubuh setiap harinya. 

2. Sari-Sari dari Minuman Berkolagen tidak Bisa Langsung Menuju ke Bagian Tubuh Tertentu

Collagen InjectionFoto:pinterest/gorjuswhips
Collagen Injection

Kolagen yang masuk ke tubuh kita melalui pencernaan, tidak bisa langsung menuju ke tempat yang kita inginkan. Kolagen akan menuju ke tempat-tempat yang membutuhkan asupan kolagen terlebih dahulu, seperti misalnya: sendi, gigi, dan kuku. Untuk memfokuskan kolagen ke wajah, maka hal yang paling efektif adalah dengan cara injection.

3. Minuman Berkolagen Akan Berefek Ketika Dikonsumsi Jangka Panjang

Untuk mendapat manfaat dari minuman kolagen, tentu saja tidak bisa instan. Butuh waktu yang panjang, agar manfaat dari kolagen bisa terserap dengan baik di tubuh atau bagian-bagian yang diinginkan. Selain itu, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kolagen, kita juga harus memperhatikan apakah terdapat perisa, pemanis, dan pewarna buatan dalam produk minuman kolagen yang kita konsumsi atau tidak.

Itu tadi mitos dan fakta seputar minuman berkolagen. Namun perlu diketahui, respon tubuh setiap orang berbeda-beda. Maka dari itu, kita tidak bisa menyamaratakan hasil sebuah produk yang pada orang lain dengan tubuh kita.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id