sign up SIGN UP

LIFE

Paling Sering Digunakan, Jenis Jamur Ini Dipakai Untuk Hidangan Masakan Korea

Astari Dewi Larasati | Minggu, 10 Jan 2021 07:30 WIB
Paling Sering Digunakan, Jenis Jamur Ini Dipakai Untuk Hidangan Masakan Korea
caption
Jakarta -

Jamur jadi bahan masakan paling serbaguna di berbagai negara, termasuk di Korea Selatan. Karena punya rasa lezat, rendah kalori, dan nutrisi yang melimpah. Jadi sangat cocok bagi orang yang sedang dalam program diet. Selain itu, jamur kaya akan protein, serat, vitamin, dan mineral.

Di Korea Selatan, jamur biasanya akan ditambahkan dalam hidangan tumis, sup, hingga mentah dengan dicelupkan minyak wijen. Jamur enoki, jamur shiitake, dan jamur tiram menjadi favorit karena mudah didapatkan dan diolah. Lalu ada beberapa jenis jamur lainnya yang dipakai dalam hidangan masakan Korea seperti berikut.

Jamur enoki

Jamur enoki atau dalam bahasa Korea yaitu, paengi beoseot.
Pinterest.com/pureella

Jamur enoki atau dalam bahasa Korea yaitu, paengi beoseot. Walaupun sudah dilarang beredar di Indonesia, tapi saat ini masih digunakan di Korea. Bentuknya mirip seperti toge dan berwaran putih kekuningan. Jamur ini sudah dibudidayakan selama ratusan tahun. Biasanya dibuat isian untuk masakan budae jipgae hingga gamjatang. Jadi paling cocok disantap dalam hidangan rebusan.

Jamur shiitake

Jamur shiitake atau dalam bahasa Korea yaitu, pyogo beoseot.
Freepik.com

Jamur shiitake atau dalam bahasa Korea yaitu, pyogo beoseot. Paling banyak dikonsumsi dan diproduksi di seluruh dunia. Punya warna cokelat tua di bagian atas dan ptuih dibagian bawah paying. Biasanya dibuat isian japchae hingga yukgejang. Jadi paling cocok disantap dalam hidangan tumis dan rebusan.

Jamur kancing

Jamur kancing atau dalam bahasa Korea yaitu, yangsongi beoseot.
Pinterest.com/joshaxe

Jamur kancing atau dalam bahasa Korea yaitu, yangsongi beoseot. Sama seperti jamur shiitake, jamur kancing juga paling banyak dibudidayakan di dunia. Punya bentuk bulat, berwaran putih krem, dan tangkai yang pendek. Di Korea Selatan sendiri digunakan untuk BBQ, isian bokkeumbab, dan jeon. Jadi paling cocok disantap dalam hidangan panggangan dan goreng.

Jamur matsutake

Jamur matsutake atau dalam bahasa Korea yaitu, songi beoseot.
Pinterest.com/amarendrabhushan

Jamur matsutake atau dalam bahasa Korea yaitu, songi beoseot yang biasanya tumbuh di akar pinus. Punya aroma kuat, tekstur kenyal, dan sedikit padat. Di Korea Selatan, jamur ini lebih banyak dikonsumsi mentah dengan dicelupkan ke minyak wijen dan garam atau sebagai bahan kaldu. Selain itu, punya ukuran jamur yang lebih besar dari jenis lainnya.

Jamur hedgehog

Jamur hedgehog atau dalam bahasa Korea yaitu, neung ibeoseot.
Pinterest.com/jenfinkle

Jamur hedgehog atau dalam bahasa Korea yaitu, neung ibeoseot. Punya bentuk lebar, sedikit berbeda dari jenis jamur lain, dan bawahnya seperti duri landak. Warna tudungnya oranye bahkan sedikit krem. Di Korea Selatan digunakan untuk masakan hotpot atau dimasukkan saat memasak nasi.

Jamur surai singa

Jamur surai singa atau dalam bahasa Korea yaitu, noru gungdengi beoseot.
Instagram.com/elyanamb

Jamur surai singa atau dalam bahasa Korea yaitu, noru gungdengi beoseot. Termasuk jamur langka dan susah didapatkan. Warnanya pucat, putih, serta krem yang berbuah kekuningan. Teksturnya lembut, dagingnya kenyal, dan rasanya manis. Biasanya disantap mentah dengan minyak wijen dan garam atau diseduh menjadi teh.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id