sign up SIGN UP

LIFE

Bahan-bahan Tradisional Ini Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan Kamu, Loh!

Neysa Alicia | Sabtu, 19 Dec 2020 11:15 WIB
Bahan-bahan Tradisional Ini Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan Kamu, Loh!
caption

Jakarta - Hai Beautynesian! Kamu sedang diet, tapi berat badan tidak turun-turun? Mungkin cara diet kamu yang kurang tepat, dan kurang olahraga.

Kunci diet yang utama adalah menjaga porsi makan dan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Untuk memaksimalkan menu diet kamu, beberapa bahan tradisional ini katanya bisa bantu turunkan berat badan, loh. Hmm... kira-kira apa saja, ya? 

1. Jahe

Jahe / Foto: istockphoto.com
Jahe / Foto: istockphoto.com

Salah satu jenis rempah yang mudah ditemukan ini, ternyata memiliki khasiat yang bisa menurunkan berat badan, loh. Berdasarkan hasil penelitian, jahe memiliki kandungan gingerol yang berfungsi untuk meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran kalori di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, jahe juga dapat menjaga kestabilan kadar gula darah. Karena manfaatnya tersebut, tidak heran jika jahe banyak dijadikan bahan suplemen penurun berat badan.

2. Cabai Rawit

Cabai Rawit / Foto: istockphoto.com
Cabai Rawit / Foto: istockphoto.com

Kamu suka makanan pedas? Menambahkan sambal atau cabai rawit ke dalam makanan memang bisa membuat makan menjadi lebih lahap. Namun ternyata, cabai rawit juga bisa bantu menurunkan berat badan.

Cabai rawit mengandung senyawa capsaicin yang setelah diteliti dapat membantu mengubah lemak putih menjadi lemak cokelat, dimana lemak cokelat merupakan lemak baik dalam tubuh.

Tidak hanya itu, capsaicin yang bersifat panas juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga pembakaran lemak menjadi lebih cepat.

Eitss, tapi jangan terlalu banyak makan cabai rawit, ya, Beautynesian. Nanti kamu sakit perut, loh.

3. Ginseng

Ginseng / Foto: istockphoto.com
Ginseng / Foto: istockphoto.com

Tanaman asal Korea yang sudah terkenal khasiatnya sebagai obat herbal ini. Tidak hanya sebagai obat herbal, ginseng juga memiliki khasiat dalam hal menurunkan berat badan.

Menurut hasil penelitian, orang yang mengonsumsi ginseng dua kali sehari dalam kurun waktu delapan minggu secara rutin, telah mengalami penurunan berat badan. Walaupun penelitian ini masih harus ditelusuri lebih lanjut agar hasilnya lebih akurat, tak ada rugi-nya untuk mencoba!

4. Kunyit

Kunyit / Foto: istockphoto.com
Kunyit / Foto: istockphoto.com

Rempah warna kuning satu ini memang menjadi favorit orang Indonesia dalam bumbu masakan. Selain membuat masakan menjadi lebih lezat, kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk menurunkan berat badan.

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat meredakan beberapa masalah kesehatan.

Dalam hal penurunan berat badan, kunyit dipercaya mampu menahan pertumbuhan jaringan lemak dalam tubuh. Namun kunyit tidak dapat dikonsumsi begitu saja. Oleh karena itu, kunyit dijadikan sebagai bumbu pelengkap masakan yang bisa membuat diet kamu berhasil.

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id