sign up SIGN UP

LIFE

Pemakaian Masker Kain Timbulkan Jerawat, Ini Tips Mencegahnya!

Esra Dopita | Selasa, 09 Jun 2020 10:00 WIB
Pemakaian Masker Kain Timbulkan Jerawat, Ini Tips Mencegahnya!
caption

Penggunaan masker kain akibat pandemi virus corona dalam waktu lama dapat memicu timbulnya permasalahan kulit seperti iritasi dan jerawat.

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker ketika berpergian demi menekan penyebaran virus corona. Namun, penggunaan masker wajah terus-menerus atau dalam waktu lama dapat memicu timbulnya permasalahan kulit seperti iritasi dan jerawat. 

Hal ini karena minyak serta kotoran terperangkap sehingga membuat kulit sulit bernapas yang akhirnya timbul iritasi dan jerawat. Karena itu, penggunaan masker kain juga harus diimbangi dengan perawatan kulit demi kulit tetap sehat dan terhindari jerawat. Berikut ini lima tips cegah timbulnya jerawat akibat pemakaian masker kain. 

Hindari Makeup

Foto: https://wolipop.detik.com/

Ketika memakai masker, baik masker medis maupun kain, sebaiknya hindari memakai makeup. Sebab, makeup dapat semakin membuat kulit sulit bernapas, terlebih di kulit yang tertutup masker. Akibatnya, mempengaruhi produksi sebum, meningkatkan risiko bakteri, serta menyumbat pori-pori, yang ujung-ujungnya menimbulkan jerawat. 


Bersihkan Wajah

Foto: https://wolipop.detik.com

Selain mencuci tangan, cuci pula wajah, baik sebelum maupun setelah mengenakan masker. Pilih sabun pencuci wajah atau facial wash yang mengandung acid seperti AHA, BHA, glycolic, atau salicylic acid untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, bisa pula memilih kandungan asam salisilat untuk membantu menghilangkan minyak berlebih, mengangkat kulit mati, juga membuka pori-pori tersumbat. 

Gunakan Pelembap

Foto: https://wolipop.detik.com

Pemakaian masker dalam waktu lama membuat kulit kekurangan oksigen sehingga mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya, aplikasikan pelembap guna menghidrasi dan mengembalikan kelembapan kulit. Pilih pelembap berbahan ringan seperti kandungan witch hazel. Kandungan ini bermanfaat mengobati jerawat dengan sifat anti inflamasi, mengurangi peradangan dan minyak berlebih, juga mengecilkan pori-pori. 

Gunakan Masker Wajah

Foto: https://wolipop.detik.com

Penggunaan masker membuat kulit sulit bernapas sehingga menimbulkan iritasi kulit dan ruam. Sebagai solusi, kamu bisa menggunakan masker wajah, baik yang berbentuk sheet mask maupun cream. Sama dengan pelembap, pilih masker yang mengandung bahan-bahan mengatasi jerawat dan kulit iritasi. Gunakan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

Jaga Kebersihan Masker

Foto: https://wolipop.detik.com

Terakhir, tak kalah penting adalah menjaga kebersihan masker kain yang digunakan. Cuci masker setelah dikenakan. Selain itu, pilih masker yang terbuat dari kain yang lembut, menyerap keringat, dan memudahkan untuk bernapas. Dengan begitu, kemungkinan terjadi iritasi maupun jerawat cukup kecil. Jangan lupa mengonsumsi cukup air putih agar kulit tetap terhidrasi serta lembap. 

(kik)

Our Sister Site

mommyasia.id