sign up SIGN UP

LIFE

Rutin Mengonsumsi Buah-buahan Ini Niscaya Kulitmu Tampak Glowing

Nisrina Salsabila | Sabtu, 21 Nov 2020 17:00 WIB
Rutin Mengonsumsi Buah-buahan Ini Niscaya Kulitmu Tampak Glowing
Buah-buahan yang bagus untuk kulit glowing/Foto: Pexels
Jakarta -

Glowing adalah satu kata yang sering digunakan perempuan untuk menggambarkan kondisi kulit yang diinginkan. Tapi, tahukah kamu bagaimana bentuk kulit glowing yang ideal?

Menurut dermatologis Dr. Tina Funt dari Schweiger Dermatology Group, kulit glowing atau bercahaya adalah kulit yang lembap dan lembut, tidak kusam, kering atau bersisik.

Kulit glowing ditandai dengan pori-pori kecil dan kulit bersih tanpa noda. Jadi, tampilan kulit glowing berbeda, ya dengan kulit putih! Sebab apapun warna kulitmu, kamu bisa memiliki wajah sehat, lembap, dan bercahaya.

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan kulit glowing. Minum air putih yang cukup, menggunakan produk skincare yang sesuai jenis dan permasalahan kulit, menambahkan produk yang mengandung retinoid, ceramide, dan antioksidan ke dalam daily skincare routine-mu hingga pergi ke klinik kecantikan.

Selain itu ada satu langkah lagi yang tak boleh dilewatkan, yakni mengonsumsi buah, sayur, dan kacang-kacangan. Beberapa buah-buahan di bawah ini dipercaya dapat membuat kulitmu glowing jika rutin mengonsumsinya. Buah apa sajakah itu?

1. Apel

Buah-buahan untuk kulit glowing
Buah apel/Foto: Pexels

Pastikan kamu memakan buah apel beserta kulitnya, ya! Sebab, pada kulitnya juga terkandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan di kulit. Kombinasi vitamin A, vitamin C, dan kolagen di dalamnya bisa membantu mencerahkan kulit secara alami serta menjaga kulit tetap awet muda.

2. Jeruk

Buah-buahan untuk kulit glowing
Buah jeruk/Foto: Pexels

Si buah sumber vitamin C yang kaya antioksidan ini wajib kamu konsumsi untuk kulit bercahaya. Vitamin C dikenal dapat membantu produksi kolagen, yang membuat kulitmu kencang dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Minyak alami dalam jeruk pun menjaga kulit kamu tetap terhidrasi.

3. Pisang

Buah-buahan untuk kulit glowing
Kreasi buah pisang sebagai smoothie bowl/Foto: Pexels

Buah yang sering dikonsumsi saat diet ini memiliki kandungan sejumlah vitamin dan mineral yang berkhasiat sebagai anti-microbial, mencerahkan kulit, ekstra melembapkan serta menjaga kulit awet muda secara alami.

Ada bonus info, nih, untukmu! Jika kamu merasa kram perut saat hari pertama menstruasi, makanlah 1-2 batang pisang. Seketika kram perutmu akan hilang, loh!

4. Pepaya

Buah-buahan untuk kulit glowing
Buah pepaya/Foto: Pexels

Pepaya adalah agen pelembap alami yang membantu menjaga kulitmu tetap terhidrasi dan lembut saat digunakan sebagai masker wajah. Kaya vitamin A, C, B, dan mineral, buah ini terbukti efektif dalam menjaga kesehatan kulit.

Pepaya yang dapat meningkatkan sistem pencernaan ini, pada gilirannya juga akan membantu membersihkan kulitmu.  Studi juga menunjukkan bahwa buah ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Alpukat

Buah-buahan untuk kulit glowing
Kreasi buah alpukat sebagai salad/Foto: Pexels

Buah ini cocok banget, nih untuk kamu yang memiliki kulit kering. Pasalnya, alpukat berkhasiat meningkatkan hidrasi kulitmu dari dalam. Kulit glowingmu didapat dari kandungan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan DNA dan sel kulit serta kaya lemak sehat yang mampu menjaga elastisitas kulit.

6. Delima

Buah-buahan untuk kulit glowing
Buah delima atau pomegranate/Foto: Pexels

Campurkan buah delima ke dalam smoothies, dessert, dan makanan lainnya secara rutin, alhasil kulitmu akan tampak sehat, lembap, bebas noda hitam, serta awet muda. Buah ini adalah pilihan yang baik bagi Ladies yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan.

Kulit buah delima mengandung antioksidan dan buahnya sendiri kaya akan Vitamin C, K, folat, dan mineral.

7. Semangka

Buah-buahan untuk kulit glowing
Buah semangka/Foto: Pexels

Semangka kaya akan serat dan tentu saja air.  Buah menyegarkan ini mengandung 92% air, yang artinya mampu menghidrasi kulit untuk menjadikannya lembut dan kenyal.

Buah yang kerap terkandung dalam produk sleeping mask ini mengandung vitamin C, A, B1, B6, dan lycopene yang penting dalam meningkatkan kesehatan dan tekstur kulit secara keseluruhan. Bagian terbaiknya adalah, semangka merupakan salah satu buah yang memiliki rendah kalori.

8. Stroberi

Buah-buahan untuk kulit glowing
Buah stroberi/Foto: Pexels

Buah stroberi merupakan chemical exfoliator yang bagus karena mengandung salicylic acid sebagai anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat membantu mengurangi gejala jerawat sekaligus membersihkan pori-pori yang menyumbat.

Selain itu, stroberi mampu mencegah kerusakan UV dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Yuk, mulai sekarang kreasikan buah stroberi sebagai menu camilan sehatmu!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id