sign up SIGN UP

LIFE

Rutin Sarapan dengan Oatmeal, 5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan

Ade Irma Suryani | Jumat, 15 Jan 2021 07:30 WIB
Rutin Sarapan dengan Oatmeal, 5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan
Oatmeal / Foto: freepik.com
Jakarta -

Sarapan dengan oatmeal barangkali bukanlah suatu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun, oatmeal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lantaran kaya akan nutrisi. 

Nah, beberapa manfaat berikut ini akan kamu dapatkan jika rajin mengonsumsi oatmeal. 

 

1. Menjaga Berat Badan

Oatmeal dapat membantu menjaga berat badan.
Menjaga Berat Badan/freepik.com

Bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih, oatmeal cocok dijadikan menu sarapanmu sehari-hari. Pasalnya oatmeal kaya akan serat, sehingga dapat membuatmu lebih cepat merasa kenyang. Hal ini pun juga akan membuatmu lebih mudah dalam mengontrol porsi makanan.

Oleh karena itu, jika kamu rajin mengonsumsi oatmeal sebagai sarapanmu setiap hari, maka hal ini dapat membantu mengurangi kalori. Berat badanmu pun akan lebih mudah untuk turun. 

 

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Oatmeal dapat mengatasi masalah pencernaan.
Masalah Pencernaan/freepik.com

Rajin mengonsumsi oatmeal setiap hari diketahui dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Seperti halnya sembelit, penyakit radang usus, dan menurunkan resiko terkena kanker usus besar.

Meskipun hal ini juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun tidak ada salahnya jika kamu memilih oatmeal sebagai pilihan sarapanmu setiap hari.

 

3. Menstabilkan Gula Darah

Oatmeal dapat membantu menstabilkan gula darah.
Menstabilkan Gula Darah/freepik.com

Oatmeal juga memiliki manfaat dalam membantu menstabilkan gula darah. Hal ini karena oatmeal mengandung serat larut atau beta-glukan yang membantu meningkatkan respon insulin dan mengurangi kadar gula darah. 

Oleh karena manfaat tersebut, para penderita diabetes tipe 2 bisa mengonsumsi oatmeal setiap hari, agar dapat mengurangi resiko dari diabetes tipe 2 tersebut. Namun disamping itu, sebaiknya tidak menambah gula tambahan ke dalamnya.

 

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Oatmeal dapat menjaga kesehatan jantung.
Jantung Sehat/freepik.com 

Hal yang tak kalah jauh pentingnya, oatmeal juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini sendiri dikarenakan oatmeal mengandung senyawa kimia lignan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.  

Karena itu, mulailah untuk rajin mengonsumsi oatmeal setiap hari agar dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. 

 

5. Mengurangi Resiko Hipertensi

Oatmeal dapat mengurangi resiko hipertensi.
Hipertensi/freepik.com 

Selain beberapa manfaat di atas, oatmeal juga bermanfaat dalam menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Hal ini lantaran karena adanya kandungan serat di dalamnya.

Meskipun sarapan dengan oatmeal terasa agak kurang menyenangkan lantaran rasanya yang hambar, tetapi kamu bisa mencoba mengolahnya dengan cara yang lebih lezat. Seperti halnya dengan menambah buah-buahan segar, madu, dan susu rendah lemak. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id