sign up SIGN UP

LIFE

Sebelum Menerapkannya, Ketahui Fakta-Fakta Juice Fasting

Intan Dwi | Rabu, 14 Oct 2020 08:30 WIB
Sebelum Menerapkannya, Ketahui Fakta-Fakta Juice Fasting
caption
Jakarta -

Saat ini ada banyak program diet yang bisa dilakukan untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan dan mendetoks tubuh. Juice fasting menjadi salah satu program diet yang beberapa waktu belakangan ini digandrungi banyak orang. Program diet ini melibatkan sayuran dan buah yang di jus untuk mereka konsumsi dalam beberapa hari.

Buah dan sayur memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa buah dan sayuran bahkan dapat mengurangi resiko penyakit kronis, seperti jantung dan kanker. Beberapa orang mengklaim kalau jus bisa meningkatkan penyerapan nutrisi dari buah dan sayuran, tapi ada juga yang mengatakan kalau buah dan sayuran di jus akan menghilangkan nutrisi penting seperti serat.


Apakah Itu Juice Fasting?

Juice fasting atau yang dikenal sebagai pembersih atau detoks dengan mengonsumsi jus buah dan sayuran buatan sendiri.
Jus Buah/freepik.com

Juice fasting atau yang dikenal sebagai pembersih atau detoks dengan mengonsumsi jus buah dan sayuran buatan sendiri. Membuat jus buah dan sayuran berbeda dengan proses memblender karena memisahkan cairan dari daging buah dan bagian berserat. Oleh karena itu, jus buah dan sayuran memiliki jumlah vitamin, mineral dan fitokimia yang lebih banyak. Tetapi kandungan seratnya lebih sedikit dibandingkan dengan smoothie. Juice fasting bisa dilakukan paling singkat dalam waktu tiga hari dan paling lama 10 hari.

Apa Manfaat Juice Fasting?

Juice fasting disebut-sebut memiliki dan menawarkan banyak manfaat bagi orang-orang yang melakukan program diet ini.
Minuman Sehat untuk Detoks Tubuh/freepik.com

Juice fasting disebut-sebut memiliki dan menawarkan banyak manfaat bagi orang-orang yang menerapkan program diet ini. Manfaat yang didapat adalah meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, meningkatkan sistem kekebalan, meningkatkan pencernaan, membersihkan racun dalam tubuh, mengurangi peradangan, menurunkan berat badan dan meningkatkan kualitas tidur.

Ada satu penelitian yang menyelidiki efek dari juice fasting untuk kesehatan dengan mengamati bagaimana puasa buah dan sayur selama tiga hari memengaruhi mikrobiota usus dan penurunan berat badan. Selama penelitian, komposisi yang digunakan minum enam botol jus berukuran 16 ons dengan campuran sayuran hijau, umbi-umbian, jeruk dan vanilla almond. Semua komposisi tersebut menghasilkan total sekitar 1.310 kalori perhari. Setelah berpuasa, orang bisa melanjutkan diet normalnya selama dua minggu.

Hasilnya pun menunjukkan selama juice fasting orang kehilangan sejumlah berat badannya dan penurunan berat badan bertahan selama dua minggu berikutnya.  Tapi penurunan berat badan mungkin juga disebabkan oleh asupan kalori yang lebih rendah. Jadi penelitian ini menunjukkan bahwa juice fasting dengan komposisi ini dan jumlah kalori hingga tiga hari aman dan bermanfaat.

Apa Resiko Juice Fasting?

Karena ada beberapa resiko dan efek samping, banyak ahli kesehatan tidak merekomendasikannya terutama jika hanya terdiri dari jus buah.
Sakit Kepala Salah Satu Efek Samping Juice Fasting/freepik.com

Memang juice fasting memiliki banyak manfaat tapi tidak menutup kemungkinan program diet ini tidak memiliki resiko dan efek samping. Karena ada beberapa resiko dan efek samping, banyak ahli kesehatan tidak merekomendasikannya terutama jika hanya terdiri dari jus buah.

Saat menjalankan program diet ini mungkin akan mengalami sakit kepala dan kelelahan, kenapa? Karena kandungan gula dalam jus lebih tinggi dan kandungan seratnya lebih rendah yang kemungkinan menyebabkan penurunan gula darah. Sakit kepala akibat juice fasting juga disebabkan oleh racun yang keluar dari tubuh. Asupan energi yang lebih rendah karena kurangnya kandungan protein dan lemak dalam jus juga menjadi akar penyebab sakit kepala dan kelelahan.

Itulah fakta-fakta dari program diet juice fasting yang bisa kamu ketahui, sekarang kamu bisa memilih program diet yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id