sign up SIGN UP

Sehat dan Mudah Ditemukan, 8 Makanan Ini Dapat Mencegah Kanker Payudara

Ratih Dewi | Selasa, 05 Oct 2021 08:45 WIB
Sehat dan Mudah Ditemukan, 8 Makanan Ini Dapat Mencegah Kanker Payudara
caption

Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh wanita dan faktanya 30-40% faktor penyebab kanker payudara adalah gaya hidup wanita yang modern, terutama makanan yang dikonsumsi sehari-hari, demikian dilansir dari laman Medical News Today. 

Munculnya kanker payudara dapat dimulai dari area yang berbeda, tumbuh dengan cara yang berbeda, dan membutuhkan perawatan yang berbeda juga. Beautynesia sudah merangkum beberapa makanan yang bisa mencegah kanker payudara dan menjaga badan tetap sehat, yang dilansir dari beberapa sumber. 

Walaupun begitu, tidak hanya menjaga pola makan saja ya, Beauties. Perhatikan juga pola hidup seperti rajin berolahraga, tidur yang cukup, dan menggunakan ukuran bra yang tepat, semoga membantu! 

1. Konsumsi Kedelai

Konsumsi Kedelai
Konsumsi Kedelai/Foto : pexels.com/Polina Tankilevitch

Sumber makanan satu ini bisa Beauties temukan dengan mudah dan harganya juga sangat murah. Kedelai adalah sumber nabati yang memiliki banyak lemak sehat, protein, vitamin, mineral, dan mengandung antioksidan tinggi yang disebut isoflavon. 

Penelitian tahun 2017 yang dipublikasikan oleh American Cancer Society, dari 6.235 wanita menyimpulkan asupan makanan yang tinggi akan isoflavon mengurangi semua penyebab kematian, termasuk karena kanker payudara. 

Makanan dengan sumber kedelai seperti tofu, tempe, edamame, susu kedelai, kacang kedelai juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Konsumsi Bawang Putih

Konsumsi Bawang Putih
Konsumsi Bawang Putih/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Tidak hanya bawang putih, bawang merah, bawang daun, bawang bombai memilki sifat antikanker yang kuat dan memiliki banyak nutrisi seperti senyawa organosulfur, antioksidan flavonoid, dan vitamin C. 

Penelitian yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine, menyimpulkan 660 wanita di Puerto Rico mengkonsumsi bawang putih dan bawang merah bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara. 

3. Konsumsi Ikan Berlemak 

Konsumsi Ikan Berlemak
Konsumsi Ikan Berlemak/Foto : pexels.com/Valeria Boltneva

Lemak tidak selalu memberikan pengaruh buruk untuk tubuh kita, ikan berlemak disini adalah ikan yang memiliki kandungan lemak sehat seperti ikan salmon, tuna, sarden, kembung, makarel memiliki kandungan omega-3 selenium dan antioksidan yang bisa memberi perlindungan dari kanker. 

Dilansir dari laman Healthline, penelitian pada 883,000 wanita menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan laut dengan omega-3 memiliki risiko penurunan kanker payudara hingga 14% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. 

Tidak hanya mencegah kanker, kandungan omega-3 ini juga baik untuk kesehatan otak dan membuat otak bekerja lebih fokus.

4. Konsumsi Tomat dan Wortel

Konsumsi Tomat dan Wortel
Konsumsi Tomat dan Wortel/Foto : pexels.com/picjumbo.com

Tomat dan wortel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yaitu karotenoid yang tinggi dan bisa mengurangi wanita terkena risiko kanker payudara. Tomat dan wortel ini bisa dikonsumsi dalam bentuk yang beragam, mulai dari makanan berat, makanan ringan, bisa juga diolah menjadi jus. 

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa wanita yang memiliki karotenoid tinggi memiliki risiko kanker payudara lebih rendah 19% dan memiliki risiko penurunan kanker payudara 22% dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsinya. Demikian seperti dilansir dari laman Eat This. 

5. Konsumsi Rempah-rempah

Konsumsi Rempah-Rempah
Konsumsi Rempah-Rempah/Foto : pexels.com/Mareefe

Jenis rempah seperti peterseli, oregano, kunyit, jahe, kayu manis, lada hitam mengandung senyawa tanaman yang bisa menurunkan risiko kanker payudara, termasuk kandungan lainnya seperti vitamin, asam lemak, dan antioksidan polifenol. 

Baiknya, konsumsi rempah-rempahan ini dibarengi dengan makanan sehat dan tidak boleh digunakan sebagai sebagai pengobatan lini pertama untuk menggantikan perawatan medis yang sudah diberikan. Demikian dilansir dari laman Very Well Health. 

6. Konsumsi Buah Beri dan Jeruk

Konsumsi Buah Beri dan Jeruk
Konsumsi Buah Beri dan Jeruk/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Buah-buahan seperti beri, jeruk, apel, persk dan pir memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Peneliti yang dilakukan oleh Maurizio Battino di Scientific Reports mengatakan buah beri memiliki senyawa fenolik yang akan menghambat proliferasi sel kanker payudara dan mengurangi risiko mengalaminya. 

Tidak hanya sebagai camilan atau dessert yang sehat, buah-buahan ini juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan sangat mudah diolah ya, Beauties!

7. Konsumsi Golongan Sayur Cruciferous

Konsumsi Golongan Sayur Cruciferous
Konsumsi Golongan Sayur Cruciferous/Foto : pexels.com/Zamani Sahudi

Penelitian tahun 2020 di China yang dipublikasikan oleh National Librarty of Medicine, golongan sayur ini meliputi brokoli, kembang kol, kubis, selada air, atau bok choy mengandung senyawa glukosionat memiliki fungsi antikanker yang signifikan.

Data dari 1.493 wanita yang mengkonsumsi golongan sayur cruciferous, memiliki penurunan terkena kanker payudara lebih tinggi dibandingkan yang jarang mengkonsumsinya. 

8. Konsumsi Makanan Berserat dan Antioksidan

Konsumsi Makanan Berserat dan Antioksidan
Konsumsi Makanan Berserat dan Antioksidan/Foto : pexels.com/Ella Olsson

Dilansir dari laman detikFood, kanker payudara bisa terjadi karena kelebihan senyawa estrogen dalam tubuh. Makanan yang memiliki serat tinggi mampu menjaga senyawa estrogen dalam tubuh agar seimbang dan memperlancar sistem pencernaan di tubuh. 

Kandungan antioksidan mengandung beta karoten, vitamin C dan E yang bisa mencegah aneka penyakit, termasuk kanker payudara, serta menjaga tubuh lebih sehat. Makanan berserat dan memiliki antioksidan tinggi mudah dijumpai pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. 

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id