sign up SIGN UP

Kanker Payudara Begitu Berbahaya! Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Melakukan Pengecekan Dini

Octavia Tunggal Dewi | Senin, 04 Oct 2021 18:30 WIB
Kanker Payudara Begitu Berbahaya! Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Melakukan Pengecekan Dini
caption

Kanker payudara merupakan penyakit berbahaya dengan jumlah kasus terbanyak dan penyebab kematian perempuan paling tinggi. Oleh karena itu, perempuan perlu melakukan pemeriksaan payudara sendiri sesering mungkin, lebih baik jika dilakukan setiap satu bulan sekali. Bukan tanpa alasan, hal ini untuk terus memantau ada tidaknya masalah tersebut.

Selain itu, ini dia sejumlah alasan perempuan mengapa perlu memeriksakan kanker payudara. Simak selengkapnya di sini ya!

1. Untuk Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Mencegah penyakit kanker payudara
Mencegah Penyakit Kanker Payudara/Foto: Freepik.com/Jcomp

Deteksi dini pada kanker payudara sangat diperlukan karena untuk mencegah kehadiran yang tidak disadari. Penyakit ini merupakan penyakit ganas dan berbahaya, sehingga sampai saat ini kanker payudara telah menjadi masalah kesehatan dunia. Dimana banyak kematian terjadi akibat penyakit ini. 

2. Jika Ditemukan Pada Stadium Awal Kemungkinan Sembuh Lebih Besar

Ditemukan di stadium awal kemungkinan sembuh lebih besar
Stadium Awal Kemungkinan Sembuh Lebih Besar/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Jika ditemukan pada stadium awal, biasanya pengidap kanker payudara tidak akan merasakan terdapat benjolan atau berbagai macam gejala lainnya. Tetapi jika ukurannya sudah cukup besar maka gejala tersebut baru muncul dan akan terasa. Maka dari itu, penting melakukan pengecekan dini agar saat terdeteksi, kemungkinan sembuh pun lebih besar dengan berbagai macam pengobatan yang bisa kita lakukan selanjutnya.

3. Penyakit yang Tidak Bisa Dianggap Remeh

Penyakit yang tidak bisa dianggap remeh
Penyakit yang Tidak Bisa Dianggap Remeh/Foto: Freepik.com/Jcomp

Kanker payudara merupakan penyakit ganas yang berasal dari kelenjar, saluran kelenjar, serta jaringan penunjang payudara. Waspada terhadap segala bentuk perubahan yang ada terhadap tubuh penting untuk diperhatikan karena dapat menjadi pertanda dari segala penyakit termasuk kanker payudara.

4. Untuk Mencegah Kanker Ditemukan di Stadium Akhir

Mencegah kanker ditemukan di stadium akhir
Mencegah Kanker Ditemukan di Stadium Akhir/Foto: Freepik.com/Jcomp

Setiap perempuan harus sadar bahwa kanker payudara merupakan penyakit mematikan dan menjadikan perempuan sebagai target utama. Maka dari itu SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan SADANIS (Periksa Payudara Klinis) penting untuk dilakukan agar mencegah kanker ditemukan di stadium akhir.

Oleh karena itu setiap perempuan perlu mengecek dini kanker payudara baik melalui Sadari (Periksa Payudara Sendiri) ataupun Sadanis (Periksa Payudara Klinis). SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri dapat dilakukan sendiri di rumah sehingga dapat dijalankan di manapun dan kapnapun serta mudah untuk dilakukan. Terutama bagi para perempuan pekerja yang sibuk dengan pekerjaan tetap dapat melakukan pemeriksaan di sela-sela kesibukan.

Kemampuan melakukan SADARI untuk mendeteksi kanker payudara cukup baik sekitar 20-30%. Sehingga jika kamu menemukan kejanggalan, kamu dapat lebih cepat untuk menemui dokter dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar segera ditangani.

Maka dari itu untuk kita para perempuan, yuk lebih peka dan peduli tentang kesehatan kita, jangan malas dan takut untuk melakukan pemeriksaan. Rutin melakukan pemeriksaan apabila tidak mungkin untuk melakukan di dokter, maka lakukan sendiri secara mandiri di rumah untuk membantu kita terhindar dari penyakit ganas kanker payudara serta membantu menurunkan angka kematian karena kasus kanker payudara.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id