sign up SIGN UP

Selain Wortel, Ini 6 Makanan yang Baik untuk Mata, Pejuang WFH Wajib Tahu!

Dian Aprilia | Selasa, 07 Sep 2021 09:00 WIB
Selain Wortel, Ini 6 Makanan yang Baik untuk Mata, Pejuang WFH Wajib Tahu!
caption
Jakarta -

Mata termasuk salah satu organ yang penting bagi hidup ini. Sebab, peranan mata hampir berperan di semua kegiatan yang kita lakukan sehari-hari. Untuk itu, menjaga kesehatan mata termasuk investasi jangka panjang yang harus kita lakukan dari sekarang.

Ada berbagai cara untuk menjaga mata, mulai dari membatasi waktu bermain gadget, istirahat teratur, menjaga kebersihan mata, hingga mengonsumsi makanan-makanan bervitamin A tinggi. Selain wortel, berikut Beautynesia telah merangkum enam makanan sumber vitamin A yang bisa diolah jadi berbagai olahan makanan.

Cocok banget dikonsumsi oleh kamu yang lagi work from home dengan intensitas tinggi menatap layar gawai. Yuk, simak.

Pisang

Kesehatan mata
Kesehatan mata/pexels.com/Vanessa Loring

Pisang termasuk buah yang disukai sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak banyak yang tahu kalau pisang termasuk buah yang bagus untuk kesehatan mata. Hal ini disebabkan karena pisang kaya akan kandungan vitamin A, B1, B2, B6 dan C. Vitamin A merupakan salah satu asupan wajib dan baik untuk kesehatan mata. Jadi konsumsi pisang secara rutin bisa mengurangi potensi penyakit mata.

Mangga

Kesehatan mata
Kesehatan mata/pexels.com/Riki Risnandar

Selain pisang, mangga termasuk buah-buahan yang kaya akan vitamin. Buah ini bersifat musiman dan harganya cukup terjangkau. Dikutip dari Medical News Today, buah berdaging oranye ini diketahui mengandung serat dan antioksidan, yang baik untuk pencernaan dan gula darah. 

Ikan

Bagi kamu yang kurang suka dengan buah-buahan, ikan bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang bagus untuk mata. Utamanya adalah ikan yang berlemak atau kaya kandungan asam lemak omega-3. Ikan berlemak bisa menyembuhkan mata kering atau mata lelah akibat terlalu sering berinteraksi dengan gawai, pejuang WFH pasti relate, deh. Mulai sekarang, kamu bisa konsumsi ikan tuna, salmon, teri, kembung, sarden dan makerel.

Kacang-kacangan

Kesehatan mata
Kesehatan mata/pexels.com/Polina Tankilevitch

Kacang-kacangan juga makanan yang baik untuk mata. Hal ini disebabkan karena kacang-kacangan mengandung vitamin E yang berguna untuk melindungi sel mata dari radikal bebas. Kacang-kacangan yang bagus untuk kesehatan mata adalah kacang tanah, biji bunga matahari, kacang mete, dan hazelnut.

Brokoli

Sayuran juga termasuk makanan yang baik untuk kesehatan mata, termasuk brokoli. Brokoli mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh dan bisa menghindari potensi penyakit mata. Di antaranya adalah vitamin E, vitamin C, zeaxanthin, lutein, dan beta karotin. Kandungan tersebut bisa melindungi sel mata dari sinar ultra violet (UV) dan mengurangi resiko katarak.

Bayam

Bayam
Kesehatan mata/pexels.com/Lisa

Selanjutnya, sayuran yang bagus untuk kesehatan mata adalah bayam. Sama halnya dengan brokoli, bayam juga mengandung zeaxanthin dan lutein. Kandungan tersebut bisa melindungi mata dari sinar UV. Selain itu, bayam juga mengandung beragam nutrisi seperti vitamin B6, C, K, asam folat, zat besi, kalsium, sulfur, dan klorofil.

Itulah 6 makanan yang baik untuk kesehatan mata dan bisa menurunkan risiko penyakit mata. Selamat menikmati makanan di atas saat WFH, Beauties!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id