sign up SIGN UP

LIFE

Yum! Resep Martabak Manis Anti Gagal untuk Buka Puasa

Ayuliy Lestari | Kamis, 22 Apr 2021 16:15 WIB
Yum! Resep Martabak Manis Anti Gagal untuk Buka Puasa
caption

Siapa sih yang tahu makanan yang identik sebagai oleh-oleh untuk calon mertua ini? Yes, martabak manis! Salah satu jajanan populer dan digemari, membuat martabak manis ternyata tidak sesulit yang kamu bayangkan, Ladies.

Martabak sendiri memiliki dua varian, yaitu martabak telor dan martabak manis yang biasa disebut terang bulan atau martabak bangka. Jajanan manis yang awalnya banyak ditemui di wilayah Timur Tengah ini bisa dibuat sendiri karena caranya sangat simpel dan tidak membutuhkan banyak bahan.

Ketika membuatnya sendiri di rumah, kamu bisa memberi taburan berbagai topping, sesuai selera. Berikut bahan dan step-step pembuatannya.

Bahan yang Dibutuhkan

resep martabak manis
resep martabak manis/instagram.com/markobar1996
  • 250 gram tepung serba guna
  • 400 ml susu cair
  • 1 butir telur
  • 40 gram gula pasir
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt soda kue
  • 2 sdm air

Cara Membuat Martabak Manis

resep martabak manis
resep martabak manis/instagram.com/markobar1996
  1. Campurkan tepung terigu, baking powder, gula, susu, dan telur hingga tercampur rata.
  2. Tutup adonan menggunakan kain basah / plastic wrap pada suhu ruang, lalu diamkan selama satu jam. Campur soda kue dengan 2 sdm air, lalu campur ke dalam adonan yang telah didiamkan tadi.
  3. Panaskan wajan untuk memanggang martabak manis. Sebaiknya gunakan teflon anti lengket yang berbentuk datar, bukan wajan cekung ya, Ladies.
  4. Olesi permukaan teflon dengan minyak, lalu tuangkan adonan martabak dan ratakan menggunakan sendok atau spatula. Taburi gula pasir saat adonan mulai matang.
  5. Masak hingga bagian pinggirnya mengering dan berwarna kecoklatan lalu angkat. Selagi panas, olesi dengan mentega dan topping sesuai selera.

Tips Membuat Martabak Manis Anti Gagal

resep martabak manis
resep martabak manis/instagram.com/markobar1996

Biasanya pertama kali membuat martabak manis sering gagal karena tidak bersarang. Nah, semua tergantung bagaimana kamu mengaduk adonan. Kamu bisa menggunakan mixer jika ingin anti-gagal.

Setelah adonan jadi, perhatikan pula volume adonan yang dituang dengan besarnya teflon, supaya adonan bisa mengembang.

Jika kamu menggunakan teflon berukuran besar, jangan lupa tutup teflon saat setengah matang dan muncul gelembung di permukaan adonan. Hindari menutup adonan sebelum muncul gelembung karena biasanya adonan bisa bantat, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id