sign up SIGN UP

Jangan Sampai Jiwa dan Fisikmu Dikorbankan, Ini Dia Tips Berhenti Berhubungan dengan Orang yang Toxic

Allyoo Ri | Minggu, 20 Jun 2021 15:15 WIB
Jangan Sampai Jiwa dan Fisikmu Dikorbankan, Ini Dia Tips Berhenti Berhubungan dengan Orang yang Toxic
caption
Jakarta -

Menjalin hubungan dengan orang yang toxic adalah hal yang melelahkan. Baik fisik dan jiwamu bisa terkuras hanya dengan menghadapi mereka. Untuk itu, memang penting untuk memilih orang-orang yang bisa kita kenal dekat dan tidak, untuk menghindari hubungan dengan orang yang toxic. Jika sudah terlanjur, lalu bagaimana?

Tidak perlu khawatir! Ada jalan keluarnya kok. Jika kamu sudah terlanjut berhubungan dengan orang toxic, kamu bisa berhenti berhubungan dengan mereka demi kesehatan jiwa dan fisikmu.

Mempertahankan hubungan dengan orang yang toxic, bukan lah hal yang baik. Lebih baik kamu mulai berhenti berhubungan dengannya sebelum semakin banyak hal buruk terjadi, baik bagimu atau orang yang bagimu toxic tersebut.

Berikut ini, adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mulai berhenti berhubungan dengan orang yang toxic untukmu!

Mengurangi Intensitas

Chatting
Ponsel yang tengah membuka aplikasi chatting/Photo by unsplash.com/@christianw

Jangan langsung memutus hubungan begitu saja, kamu harus melakukannya secara perlahan. Karena jika kamu langsung menjauh secara tiba-tiba, itu akan terlalu terlihat dan bisa terjadi pertengkaran atau keributan yang tak diinginkan. Mulai perlahan seperti dengan mengurangi intensitas chatting atau bertemu.

Hapus Keterlibatan

Tentang keterlibatan
Sekelompok orang tengah saling berdiskusi/Photo by unsplash.com/@priscilladupreez

Ketika intensitas pertemuan atau obrolanmu dengan orang toxic tersebut sudah semakin berkurang, mulailah untuk menghapus keterlibatan kalian satu sama lain. Misalnya, hindari pekerjaan yang mengharuskan untuk sering terlibat. Lalu mulai kurangi keterlibatanmu di kehidupannya satu persatu.

Perlahan Menghilang dari Pandangannya

Menghindari seseorang
Seorang perempuan tengah bersembunyi untuk menghindari sesuatu/Photo by unsplash.com/@rainierridao

Sebisa mungkin, hindari dulu kemunculanmu di depannya. Entah itu hanya postingan di media sosial, kemunculan di grup chat, atau bertemu di tempat-tempat tertentu.

Ini mungkin akan terasa merepotkan, karena kamu harus menahan diri dalam banyak hal. Tetapi, hal ini akan secara perlahan membuatnya terbiasa tidak berhubungan denganmu dan kamu juga perlahan tidak berhubungan dengannya.

Tidak Membahasnya atau Menanyakannya pada Kenalan

Mengobrol
Tiga orang yang tengah mengobrol/Photo by unsplash.com/@eliottreyna

Setelah hubunganmu dengannya sudah tidak dekat lagi, bahkan berhenti berhubungan, bukan berarti sudah selesai. Di dalam proses semua itu, jangan sampai kamu membicarakan, menanyakan atau membahas orang tersebut pada kenalanmu yang lain.

Ini menghindari agar orang itu tidak mendengar hal yang macam-macam dari orang lain tentangmu yang membicarakannya, lalu ingin mencarimu. Terkecuali, jika kamu memang memiliki kenalan dekat yang sangat kamu percayai untuk membahasnya.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id