sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Perlu Diketahui, Ini Penyebab Hubungan Persahabatan Menjadi Renggang

Penny Fatikasari | Kamis, 10 Sep 2020 11:30 WIB
Perlu Diketahui, Ini Penyebab Hubungan Persahabatan Menjadi Renggang
caption
Jakarta -

Selama menjalin hubungan persahabatan, tentunya enggak selalu tersirat perasaan bahagia bersama sahabat. Kalian pun tentunya pernah mengalami pertengakaran yang mengakibatkan hubungan persahabatan menjadi renggang dan membuat kondisi kalian terasa menjadi nggak nyaman. Daripada terus-terusan salah paham, kamu harus mengetahui beberapa hal ini bisa menjadi penyebab hubungan persahabatan menjadi merenggang.

Sudah Memiliki Pasangan

sudah memiliki pasangan
Sudah Memiliki Pasangan/Freepik.com

Salah satu penyebab hubungan persahabatanmu menjadi renggang dikarenakan kamu sudah memiliki pasangan, sehingga kamu bisa saja mengabaikan sahabat-sahabatmu yang selalu setia menemanimu. Memang, nggak selamanya kamu terus-terusan sendiri dan tentunya kamu pun akan memiliki kehidupan baru dengan keluarga kecilmu nantinya. Tak jarang waktumu akan lebih banyak dihabiskan untuk berkumpul bersama pasangan maupun keluarga barumu kelak.


Secara perlahan, hubungan persahabatanmu pun akan semakin merenggang karena kalian sudah memiliki prioritas masing-masing. Namun, kamu pun bisa tetap menjaga silaturahmi dengan para sahabat dengan selalu terus berkomunikasi baik lewat sosial media ataupun hal lainnya yang membuat kalian tetap terus terhubung.

Kurang Komunikasi

kurang komunikasi
Kurang Komunikasi/Freepik.com

Kesibukan terkadang membuat seseorang menjadi lupa diri bahkan melupakan sahabat-sahabatnya. Asyik dengan dunianya sendiri ataupun kerap mementingkan kesibukannya membuatmu  kurang berkomunikasi dengan sahabat. Tak jarang banyak di antara mereka yang mengecap dirimu sebagai seseorang yang sombong atau si super sibuk.

Dengan sendirinya, sahabat-sahabatmu pun akan memilih menjauh bahkan mengurangi komunikasinya denganmu. Wah, alhasil mereka akan merasa kurang diperhatikan bahkan menganggapmu sebagai orang yang cuek. Duh, enggak mau dong kamu dicap jelek oleh sahabat-sahabatmu? Maka dari itu, tetap jaga komunikasi yang baik dengan sahabat-sahabatmu walaupun kamu sudah sukses nantinya ya?

Tukang Gosip

tukang gosip
Tukang Gosip/Freepik.com

Terkadang kita enggak bisa menghindar dari yang namanya gosip. Bahkan saat senggang saja kita sering menyempatkan diri untuk membicarakan orang lain bersama sahabat, entah itu perihal kesuksesannya, kehidupan pribadinya bahkan mencari informasi terkait dirinya yang membuat seseorang merasa penasaran. Lama-kelamaan kamu bisa terpengaruh hal-hal buruk karena sering membicarakan atau nyinyir perihal kehidupan orang lain. Maka wajar saja kamu merasa risih dan enggak nyaman karena berada di circle yang negatif seperti ini dan membuatmu menjaga jarak dari sahabatmu tersebut.

Sahabat Toxic

sahabat toxic
Sahabat Toxic/Freepik.com

Alasan selanjutnya yang membuat hubungan persahabatanmu merenggang adalah kamu menyadari bahwa memiliki sahabat toxic. Dengan begitu kamu pun akan lebih cermat memilah mana sahabat yang bisa memberi efek merugikan dan mana yang tidak. Sahabat seperti ini sebaiknya kamu jauhi dari circle pertemananmu dan lebih baik tidak untuk dipertahankan karena bisa berpengaruh buruk padamu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id