sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tips Curhat Kepada Sahabat untuk Bisa Dipercaya

Penny Fatikasari | Minggu, 06 Sep 2020 22:30 WIB
Tips Curhat Kepada Sahabat untuk Bisa Dipercaya
caption
Jakarta -

Terkadang seseorang juga perlu teman curhat untuk mengungkapkan isi hatinya agar lebih merasa lega. Namun pada dasarnya, mencari seseorang yang tepat untuk mengungkapkan segala perasaan yang kita alami memang enggak mudah. Apalagi hal ini terkait dengan rahasia pribadi. Nah, kamu pun bisa melakukan tips berikut ini untuk curhat kepada teman atau sahabat yang bisa kamu percaya.

Ceritakan Pada Sahabat yang Telah Mengenal Lama

ceritakan pada sahabat yang kenal lama
Ceritakan Pada Sahabat yang Mengenal Lama/Freepik.com

Nggak semua orang berani menceritakan perihal rahasia kehidupan pribadinya pada orang lain, maka dari itu butuh suatu kepercayaan dan komitmen agar rahasia pribadimu bisa tertutup secara rapat dan aman. Tips yang bisa kamu lakukan adalah carilah sahabat yang sudah berteman lama dengan dirimu  dan kamu pun mengenal dirinya dengan baik. Dengan hal itu kamu dan dirinya pun sudah saling mengenal dan mengetahui sifat maupun karakter masing-masing. Sehingga kamu pun bisa menilai bahwa sahabat yang sudah berteman lama denganmu ini adalah orang yang tepat untuk kamu pilih sebagai tempat curhat terbaik. Tentunya seseorang yang sudah kamu kenal cukup lama juga akan mengerti siapa dirimu dan bisa membantumu untuk menyelesaikan masalah khususnya sahabat terdekatmu.


Pandai Menjaga Rahasia dan Pendengar yang Baik

pandai menjaga rahasia
Pandai Menjaga Rahasia dan Pendengar yang Baik/Freepik.com

Yup! Seseorang yang bisa menjadi tempat curhatmu adalah ia yang mampu menjaga rahasia dan merupakan sosok pendengar yang baik. Percuma, jika kamu bercerita panjang lebar ujung-ujungnya dia tidak peduli atau membocorkan rahasiamu. Seseorang yang sanggup mendengar keluh kesahmu juga terkadang mampu memberi nasihat dan arahan terbaik bagi akar masalah ataupun kehidupanmu. Seorang pendengar yang baik juga mampu mendengar cerita dari awal hingga akhir tanpa harus memotong pembicaraan dan menyalahkan dirimu sebelum mendengar lebih jelas apa yang kamu ungkapkan.

Dapat Memberi Solusi

dapat memberi solusi
Dapat Memberi Solusi/Freepik.com

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, sosok teman curhat terbaik tentunya pandai menjaga rahasia dan mampu menjadi pendengar yang baik. Namun, tentunya dalam mencurahkan isi hati seseorang juga membutuhkan solusi bahkan motivasi terbaik untuk ke depannya. Maka dari itu, kamu pun dapat memilih teman curhat yang solutif, tak sekedar hanya bicara namun bisa mengubah mindset dan psikis mu menjadi lebih baik.

Perhatian dan Penyayang

perhatian dan penyayang
Perhatian dan Penyayang/Freepik.com

Ketika kita memilih curhat kepada orang lain, hal ini dikarenakan kita merasa bingung harus kemana mencari perhatian dan kasih sayang tulus dari apa yang telah kita alami. Terkadang ketika mendapat masalah seseorang akan menjauhi diri kita, namun sahabat sejatilah yang benar-benar akan bertahan dan menemani kita. Maka dari itu, kamu bisa meluapkan emosi perasaan, kekesalan, dan amarah yang kamu pendam untuk diungkapkan secara jujur kepada sahabat-sahabatmu perihal perasaanmu saat ini. Entah itu soal hubungan asmara, permasalahan di tempat kerja, maupun keluarga. Pastikan orang yang kamu ajak curhat itu adalah seseorang yang peduli dan perhatian terhadapmu, bukan hanya ia merasa penasaran kepadamu dan tidak bisa memberikan solusi dari apa yang kamu ungkapkan padanya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id