sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Penelitian Membuktikan Cemburu dengan Sahabat Bikin Makin Bonding!

Retno Wulandari | Rabu, 23 Sep 2020 21:30 WIB
Penelitian Membuktikan Cemburu dengan Sahabat Bikin Makin Bonding!
caption

Cemburu merupakan sifat yang kurang baik dalam sebuah hubungan. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa cemburu kepada sahabat justru bikin persahabatan semakin erat lho. Penasaran bagaimana penjelasannya? 

Cemburu dalam Persahabatan
Cemburu dalam Persahabatan/Freepik.com/

Ladies, cemburu merupakan sifat yang dimiliki oleh setiap orang. Dalam sebuah hubungan, sifat ini dinilai kurang efektif dan menyebabkan permasalahan. Namun, baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan fakta bahwa cemburu dalam hubungan persahabatan justru bikin hubungan tersebut semakin erat.

Penelitian yang dilakukan oleh Arizona State University, Oklahoma State University, dan Hamilton College di AS mengungkapkan bahwa rasa cemburu kepada sahabat menandakan perasaan yang peka terhadap nilai persahabatan yang sedang dijalin. Selain itu, rasa cemburu dalam persahabatan bertujuan untuk menjaga dan mempertahankan persahabatan tersebut, Ladies.

Cemburu dalam Persahabatan
Cemburu dalam Persahabatan/Freepik.com/

Penelitian ini tidak berfokus pada bentuk-bentuk kecemburuan yang negatif lho. Penelitian yang dilakukan dengan cara mengamati ini melihat adanya emosi yang ditimbulkan oleh situasi tertentu yang biasanya terjadi dalam persahabatan. Misalnya, ketika ada orang baru dekat dengan sahabat sejati kamu, maka perasaan cemburu akan muncul karena kamu takut orang baru tersebut menggantikan posisi kamu.

"Ancaman pihak ketiga dalam pertemanan tidak hanya berhubungan dengan sahabat yang menghabiskan waktu jauh dari kita. Tidak masalah apakah orang yang bersama mereka dapat menggantikan posisi kita sebagai teman," ucap Douglas Kenrick, profesor bidang psikologi di Arizona State University.

Cemburu dalam Persahabatan
Cemburu dalam Persahabatan/Freepik.com/

Reaksi takut tergantikan oleh orang baru dalam sebuah persahabatan merupakan alasan tepat mengapa rasa cemburu dalam hubungan persahabatan dapat mempererat persahabatan tersebut dengan cara menjadi pribadi yang baik untuk sahabatnya.

Kehadiran seorang sahabat merupakan sebuah keuntungan bagi diri sendiri lho, Ladies. Tentu saja memiliki seorang sahabat membuat mereka dapat kita andalkan, percayai, dan saling berbagi pengalaman. Khususnya di situasi COVID-19 yang masih mengkhawatirkan saat ini, kehadiran seorang sahabat dinilai sangatlah penting.

"Teman tidak hanya menyenangkan. Mereka adalah sumber daya yang penting, terutama dalam situasi saat ini dengan wabah COVID-19 yang sedang berlangsung. Teman akan memberikan dukungan ketika mengalami masalah, mengusir rasa kesepian, dan bahkan dapat memberikan bantuan ketika kita membutuhkan mereka," ucap Jaimie Arona Krems, asisten profesor psikologi di Oklahoma State University.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id