sign up SIGN UP

Sahabat Selamanya, Ini 4 Kiat Menjaga Persahabatan Tetap Langgeng

Ruhil Anadiah Sabrina | Rabu, 11 Aug 2021 22:45 WIB
Sahabat Selamanya, Ini 4 Kiat Menjaga Persahabatan Tetap Langgeng
caption
Jakarta -

Menjaga persahabatan itu tidak mudah, banyak sekali tantangan yang menguji pertemanan kalian. Mulai sering terjadi konflik, perbedaan pendapat, hingga pandangan, yang memicu pertemanan kalian jadi renggang. Namun yang namanya persahabatan memang nggak ada yang sempurna dan itu adalah hal yang wajar terjadi.

Ya meski sering terjadi perbedaan, kita nggak mungkin membiarkan persahabatan tersebut jadi rusak bukan? Nah, berikut ini empat kunci menjaga persahabatan jadi langgeng yang bisa kamu lakukan, Beauties!

1. Berusahalah untuk Menyempatkan Waktu Bertemu Sahabat

Berusahalah untuk Menyempatkan Waktu Bertemu
Berusahalah untuk Menyempatkan Waktu Bertemu/pexels.com/cliff booth

Semakin dewasa kita akan disibukkan dengan berbagai macam kegiatan. Mulai dari sibuk terhadap pekerjaan, sibuk kuliah, sibuk meniti karier, dan sebaginya. Karena kesibukan setiap hari, banyak dari kita yang nggak sempat untuk sekedar bertemu atau nongkrong bareng sahabat, bukan?

Nah, supaya persahabatan kalian tetap berlanjut dan silaturahmi bisa terus terjaga, maka usahakan untuk menyempatkan waktu bertemu. Kalian bisa ketemu untuk makan bersama, pergi jalan-jalan, belanja ke mall, atau sekedar mengobrol via chat atau video call

2. Jangan Jadi Teman yang Egois

Jangan Jadi Teman yang Egois
Jangan Jadi Teman yang Egois/pexels.com/adrienn

Kiat selanjutnya menjaga persahabatan jadi langgeng yaitu, dengan tidak menjadi teman yang egois. Ingat, menyatukan pikiran dengan lebih dari satu orang bukan hal yang mudah. Kamu dan temanmu pasti punya pemikiran, sudut pandang, hingga pendapat yang berbeda.

Maka supaya persahabatan kalian tetap 'awet', janganlah bersikap egois. Terimalah kekurangan sahabat, jangan suka memaksa kehendak, dan jika ada masalah bicarakan baik-baik. Kalau kamu suka menang sendiri dan egois bukan nggak mungkin mereka jadi malas untuk bersahabat lagi. 

3. Berusaha Menerima Kekurangan Masing-masing

menerima kekurangan masing-masing
menerima kekurangan masing-masing/pexels.com/athena

Di dunia ini nggak ada manusia yang sempurna, pun termasuk sahabatmu. Mereka pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka buatlah persahabatan kalian tetap langgeng dengan mencoba menerima mereka apa adanya.

Kalau teman melakukan kesalahan ayo dibicarakan baik-baik, berusaha saling menasihati terhadap kebaikan, dan mendukung satu sama lain. Dengan begitu persahabatan kalian jadi semakin kuat. 

4. Berusaha untuk Terbuka Satu Sama Lain

berusaha terbuka satu sama lain
berusaha terbuka satu sama lain/unsplash.com/eliott reyna

Selain empat poin di atas, kiat terakhir menjaga persahabatan tetap langgeng yaitu dengan berusaha untuk saling terbuka satu sama lain. Maksud dari bersikap terbuka yaitu jika ada salah satu sikap teman yang nggak kamu suka dan sebaliknya, kamu dan temanmu bisa langsung membicarakannya, dan jika ada masalah atau butuh bantuan jangan dipendam sendiri.

Sebaliknya kalau persahabatan kalian hanya dipenuhi oleh kepalsuan dan kebohongan, jangan harap persahabatan kalian bakal awet. Namun, hal yang perlu diingat meski berusaha untuk terbuka, kalian harus menghormati privasi masing-masing ya. 

Menjaga persahabatan itu penting lho, Beauties. Maka sebisa mungkin jagalah persahabatan kalian dengan cara di atas ya. 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id