sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Suka Bercerita Boleh, Tapi Jangan Cerita 3 Hal Berikut dengan Orang Lain

Jovita | Jumat, 09 Oct 2020 09:00 WIB
Suka Bercerita Boleh, Tapi Jangan Cerita 3 Hal Berikut dengan Orang Lain
caption

Manusia adalah makhluk sosial yang suka berinteraksi dan berbagi kisah hidup dengan orang lain. Seringkali Beautynesian mungkin menceritakan apapun dan berbagi masalah kepada orang terdekat karena merasa mereka dapat menjaga rahasia, memberi dukungan dan solusi.

Tetapi, meskipun suka bercerita kepada orang lain, ada beberapa hal yang tidak boleh diceritakan. Alasannya, karena tidak setiap orang mau memikirkan yang terbaik dan memberikan solusi padamu. Selain itu, hal pribadi sebaiknya tetap menjadi hal pribadi, tidak perlu diumbar pada orang lain. Berikut ada 3 hal yang tidak boleh diceritakan pada orang lain.

1. Penghasilan atau gaji kamu

Gaij/ Foto: Pexels.com
Gaij/ Foto: Pexels.com

Pertama, hal yang tidak boleh diceritakan pada orang lain adalah penghasilan atau gajimu. Jumlah uang yang kamu hasilkan setiap bulan atau setiap tahun adalah informasi yang sangat penting dan pribadi. Meskipun ada pikiran bahwa orang yang kamu beritahu hal ini bisa menjaga rahasia, tidak ada jaminan bahwa orang tersebut tidak akan menjadi iri.


Kita hidup di dunia yang dijalankan oleh uang dan banyak orang dapat melakukan apa saja untuk mendapatkan uang lebih banyak uang. Oleh karena itu, lebih baik informasi pribadi ini sebaiknya disimpan untuk diri sendiri.

2. Masalah dalam hubungan 

Masalah dalam Hubungan/ Foto: Pexels.com
Masalah dalam Hubungan/ Foto: Pexels.com

Selanjutnya, hal yang tidak boleh diceritakan pada orang lain adalah masalah dalam hubungan. Hal ini mencakup masalah dalam hubungan dengan rekan kerja, hubungan asmara, hubungan suami istri, hingga masalah keluarga. Hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat pribadi sehingga tidak baik untuk diumbar kepada orang lain. Apalagi jika sampai kita membicarakan seseorang di belakang orang tersebut.

Ingat tidak semua orang bisa menjaga rahasia. Bukannya menjadi lega, salah-salah kamu malah bisa jadi korban adu domba. Selain itu, tidak semua orang benar-benar peduli dan memiliki empati atas masalah yang kamu hadapi, sebagian mungkin hanya penasaran saja. Ada juga orang-orang yang menggunakan informasi tersebut untuk membuat keadaan semakin parah.

3. Pilihan politik dan keyakinan agama

Pilihan Politik/ Foto: Pexels.com
Pilihan Politik/ Foto: Pexels.com

Terakhir, hal yang tidak boleh diceritakan pada orang lain adalah pilihan politik dan keyakinan agama kita. Ingat, di dunia ini terdapat berbagai jenis manusia dengan karakter dan pemikiran yang berbeda-beda. Orang-orang yang memiliki pendapat ekstrim seringkali meyakini opininya lah yang paling benar.

Dengan memberi tahu pilihan politik dan keyakinan agama, kita bisa saja jadi terlibat perselisihan dan adu mulut dengan orang lain. Tidak ada hal yang benar dan salah terkait pilihan politik dan agama yang kamu jalani karena semua ini berasal dari pengalaman pribadi.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id