sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Teman Kamu Tulus Minta Maaf? Adakah 5 Poin Berikut di Dirinya?

Izzul Millati Umami | Rabu, 12 May 2021 21:00 WIB
Teman Kamu Tulus Minta Maaf? Adakah 5 Poin Berikut di Dirinya?
minta maaf secara tulus/ sumber: pexels.com

Meminta dan memberi maaf adalah salah satu aspek penting dalam suatu hubungan sosial. Pastinya, konflik tidak akan pernah lepas dari bumbu kehidupan sehari-hari. Itulah kenapa penting banget untuk meminta dan memberi maaf. Sayangnya, seringkali permintaan maaf tidak didasari dengan hati yang tulus. Oleh karena itu, gimana sih cara membedakan teman yang tulus minta maaf dan nggak?

1. Dia menerima seluruh amarahmu 

menerima amarah
menerima amarah/sumber:pexels.com

Dia yang tulus tidak akan mempermasalahkan sikapmu padanya. Teman yang tulus meminta maaf bisa dilihat dari caranya memberi ruang bagi kamu untuk meluapkan emosi. Nah, setelah itu, ia masih akan menjaga jarak agar anda tenang dulu. Ia begini karena menghargai perasaan Ladies. 

2. Dia berjanji tidak mengulangi kesalahan yang lalu

Dia yang tulus meminta maaf tentunya tidak ingin mengulangi kesalahan masa lalu. Dia pun merasa menyesal telah melakukan kesalahan pada Ladies. Well, kalau masih diulangi terus, tandanya ia masih tidak tulus terhadap permintaan maafnya. 

3. Dia yang tulus pasti mendengarkan saranmu

tulus mendengarkan masalah
tulus mendengarkan masalah/sumber:pexels.com

Selain meminta maaf, dia tentunya akan mendengarkan saran yang kamu berikan. Dia pun akan lebih banyak diam, serta menerima ucapan yang kamu lontarkan padanya. Mendengarkan lawan bicara adalah salah satu cara untuk menghargai seseorang. So, kalau dia masih sering memotong pembicaraan, tandanya ia masih nggak ikhlas minta maaf ke kamu.

4. Dia sudah tidak mengungkit-ungkit lagi

mengungkit masalah
mengungkit masalah yang lalu/sumber:pexels.com

Dia yang tulus sudah jelas tidak ingin mengungkit-ungkit lagi masalah yang sudah selesai. Meski kesalahan ada pada dirinya, kalau dia tulus minta maaf sih, sudah pasti ia akan berusaha melupakan konflik. Mengikhlaskan kesalahan adalah pertanda bahwa ia sudah dewasa. 

5. Dia semakin mengerti dirinya sendiri

mengerti diri sendiri
mengerti diri sendiri/sumber:pexels.com

Well, tanda bahwa temanmu tulus minta maaf adalah ia semakin dewasa. Ia pun semakin berusaha mengerti dirinya sendiri. Ini akan jadi bekal baginya dalam menghadapi masalah kehidupan setelah ia semakin beranjak dewasa.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id