sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Teman Sering Mengkhianatimu? Mungkin 5 Ini Alasannya

Henny Alifah | Selasa, 01 Sep 2020 14:00 WIB
Teman Sering Mengkhianatimu? Mungkin 5 Ini Alasannya
caption

Salah satu pengalaman pahit dalam hidup adalah ketika teman berkhianat. Rasanya menyakitkan, hingga batin pun terguncang. Tak heran, kamu akan bertanya-tanya mengapa temanmu tega berbuat demikian.

Apa yang sebenarnya membuat teman berkhianat? Jawabannya ada banyak. Nah, inilah lima alasan kamu dikhianati teman.

1. Tabiat manusia

salah satu alasan teman berkhianat adalah karena sudah tabiatnya manusia
Alasan Dikhianati Teman/ Foto: Freepik.com

Sangat disayangkan, namun seperti kata Sirius Black, dunia tidak terbagi menjadi golongan good people dan Death Eaters. Semua orang dilahirkan dengan sisi terang dan gelap dalam dirinya. Selain dianugerahi dengan sifat bak malaikat, manusia juga memiliki sifat buruk, salah satunya adalah kecenderungan untuk berkhianat.


Bisa jadi seseorang berkhianat karena didorong oleh rasa iri dan dengki, bisa juga karena ia egois, ambisius, serakah, hingga mau menang sendiri. Hal yang perlu diingat adalah, kamu boleh saja kecewa, tetapi jangan sampai terlalu banyak repot memikirkan apa yang menyebabkan teman berkhianat. Mungkin inilah saatnya untuk memutus hubungan dengannya. Ambil pelajaran dari kejadian tersebut, lalu terus lanjutkan hidupmu.

2. Masih muda dan belum banyak paham tentang hidup

salah satu alasan teman berkhianat adalah karena tidak peduli pada orang lain
Alasan Dikhianati Teman/ Foto: Freepik.com

Saat masih muda, pribadi seseorang belum matang. Pada dasarnya, anak muda masih memikirkan dirinya sendiri dan abai dengan sekitar. Ia belum paham betul bahwa hidup tak melulu tentang dirinya sendiri. Ia belum mengerti tentang pentingnya untuk menjaga hubungan baik dengan orang lain dan lingkungan sekitar.

Didorong oleh jiwa muda yang bebas, ia tidak berpikir panjang bahwa perbuatannya akan berdampak besar pada orang lain bahkan merusak kehidupan orang lain. Saat kamu ada teman berkhianat, mungkin itu karena ia ingin membuktikan bahwa ia lebih baik, lebih pintar, lebih menarik, dan lebih-lebih yang lainnya darimu.

3. Kamu terlalu baik

salah satu alasan dikhianati teman adalah kamu terlalu baik
Alasan Dikhianati Teman/ Foto: Freepik.com

Salah satu alasan kamu dikhianati teman adalah kamu terlalu baik. Ini bukan berarti mendorong kamu untuk tidak berbuat baik kepada orang lain. Hanya saja, teman bisa memanfaatkan kebaikan hatimu untuk kepentingan dirinya sendiri. Ia mungkin menganggap bahwa dengan berkhianat hidupnya akan jadi lebih baik.

Mereka tega berkhianat karena tahu kamu akan mudah memaafkan perbuatannya. Ketika kamu dikhianati lagi dan lagi, mungkin itulah saatnya untuk bangun dan coba setidaknya bersikap sedikit 'garang' kepadanya.

4. Kamu terlalu naif

salah satu alasan dikhianati teman adalah kamu terlalu naif atau polos
Alasan Dikhianati Teman/ Foto: Freepik.com

Kamu mungkin menganggap semua orang baik, padahal tidak. Beberapa orang tampaknya mau menjadi teman, padahal sebenarnya tidak. Di sini kamu perlu jeli melihat mana orang yang benar-benar tulus mau berteman dan mana orang yang berteman karena ada maunya. Siapa tahu, mungkin ada orang yang hanya berpura-pura jadi teman, bersembunyi dalam topeng untuk kemudian menusuk kamu dari belakang.

5. Ekspektasi tinggi

salah satu alasan dikhianati teman adalah terlalu berharap tinggi
Alasan Dikhianati Teman/ Foto: Freepik.com

Bisa jadi, kamu berharap terlalu tinggi pada hubungan persahabatan kalian. Kamu mungkin menganggap kalian bisa jadi teman dekat yang selalu berbagi suka dan duka, tetapi ternyata dia tidak beranggapan sama. Di saat kamu mau melakukan apapun untuknya, rupanya dia hanya memanfaatkan kebaikanmu. Itulah mengapa sebaiknya kamu tidak selalu berekspektasi tinggi pada orang lain.

Itu tadi lima alasan yang memungkinkan kamu dikhianati teman. Pengkhianatan itu mengerikan karena menyebabkan orang yang telah dikhianati kehilangan kepercayaan pada orang lain sekaligus kepercayaan dirinya sendiri. Tetap jaga baik-baik hubungan pertemanan kamu, ya.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id