sign up SIGN UP

LIFE

3 Alasan Mengapa Minum Sebelum Makan Itu Penting

Rumaysha Milhania | Jumat, 19 Feb 2021 10:30 WIB
3 Alasan Mengapa Minum Sebelum Makan Itu Penting
caption
Jakarta -

Apa yang akan kamu lakukan jika ada sebuah kebiasaan sederhana yang ternyata dapat melakukan satu hal besar dan signifikan? Kebiasaan sederhana ini dapat membantu kamu menurunkan berat badan, memperbaiki kulit, dan merasa lebih energik. Tentu kamu akan melakukannya, bukan? Yang perlu kamu lakukan adalah meminum satu gelas air sebelum makan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Kebiasaan sederhana ini dapat membantu kamu menurunkan berat badan, memperbaiki kulit, dan merasa lebih energik.
Manfaat Air Putih/ Sumber: Freepik.com

1. Menurunkan Berat Badan

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat menyebabkan seseorang mengonsumsi lebih sedikit kalori pada makanan tersebut, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan berat badan. Ini mungkin karena air memberikan rasa kenyang, jadi tidak banyak makanan yang dibutuhkan untuk mencapai titik kenyang. Selain itu, tidak ada salahnya memilih air sebagai minuman daripada alternatif minuman berkalori kosong lainnya.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat menyebabkan seseorang mengonsumsi lebih sedikit kalori pada makanan tersebut, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan berat badan.
Manfaat Air Putih/ Sumber: Freepik.com

2. Memperbaiki dan Menyehatkan Tampilan Kulit

Meskipun meminum air sebelum makan mungkin tidak sama dengan minum dari mata air awet muda, hal ini tentunya dapat membantu memperbaiki kulit kasar dan kering yang menjadi masalah hampir semua orang. Tidak hanya udara kering dalam ruangan ber-AC yang menyebabkan dehidrasi, kurangnya asupan minum juga dapat menambah masalah ini semakin parah. Ingat! Meskipun kamu mungkin tidak merasa haus, kulitmu bisa saja membutuhkan air.

3. Meningkatkan Energi dan Fokus

Penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan pun dapat menyebabkan penurunan tingkat energi. Ini masuk akal karena air sangat penting agar hampir setiap sistem tubuh manusia dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, jika kamu sedang haus, kamu mungkin sedang mengalami sedikit dehidrasi. Cegah hal ini terjadi dengan minum air secara teratur sepanjang hari. Salah satunya adalah secara rutin minum segelas air sebelum makan. Ini adalah cara sempurna untuk tetap berada di jalur peningkatan energi.

Cegah hal ini terjadi dengan minum air secara teratur sepanjang hari. Salah satunya adalah secara rutin minum segelas air sebelum makan.
Pentingnya Minum Air/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat kamu minum air putih secara rutin, khususnya sebelum makan. Tentu akan sangat disayangkan jika kebiasaan sederhana dan murah ini harus terlewat begitu saja. Jadi, selalu lakukan kebiasaan baik yang punya dampak besar bagi keseimbangan dan kesehatan tubuh ini, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id