sign up SIGN UP

LIFE

3 Faktor Pemicu Alergi dan Bersin-bersin di Rumah

Anggi Putri | Sabtu, 01 Aug 2020 12:30 WIB
3 Faktor Pemicu Alergi dan Bersin-bersin di Rumah
Alergi/Sumber: Freepik.com

Mewabahnya virus Corona membuat semua orang harus mengurangi aktivitas mereka di luar rumah. Berkumpul dengan banyak orang dan mengunjungi tempat umum bisa menjadi sarana penularan virus.

Itu berarti bahwa rumah adalah tempat yang dirasa paling aman. Meskipun tetap saja ada kemungkinan mengalami gejala batuk atau bersin terus menerus. Jangan panik dulu, bisa jadi itu adalah gejala alergi yang disebabkan 3 faktor berikut ini.

Gejala bersin dan batuk tidak selamanya disebabkan oleh paparan virus. Keduanya bisa diakibatkan oleh alergi terhadap hal-hal tertentu. Jadi agar bisa menanganinya dengan tepat, kenali dulu jenis alerginya.


1. Tungau Debu

Ukurannya yang kecil bukan menjadi alasan tungau debu dapat disepelekan. Pasalnya hewan ini dapat menyebabkan gejala seperti demam, bersin, pilek, batuk, sakit kepala hingga sulit bernapas.
Tungau Debu/sumber: Freepik.com

Bersin terus menerus tidak selalu disebabkan oleh alergi debu, tapi bisa juga karena tungau debu. Jenis tungau ini tidak bisa dilihat secara langsung karena ukurannya yang sangat kecil dan hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop. Tungau debu atau dust mites termasuk dalam keluarga kutu dan laba-laba. Hewan tersebut menyukai tempat yang lembab dan hangat untuk berkembang biak,

Ukurannya yang kecil bukan menjadi alasan tungau debu dapat disepelekan. Pasalnya hewan ini dapat menyebabkan gejala seperti demam, bersin, pilek, batuk, sakit kepala hingga sulit bernapas. Gejala-gejala tersebut sangat mirip dengan gejala yang disebabkan virus Corona. Untuk mencegahnya, bersihkan secara teratur tempat-tempat karpet, sprei dan permadani.

2. Bulu Hewan

Memiliki hewan peliharaan memang menjadi hiburan tersendiri. Namun ada kalanya hewan peliharaan juga bisa menimbulkan masalah, terutama yang berbulu. Hewan seperti kucing atau anjing dengan bulu halus di tubuhnya bisa menjadi penyebab alergi yang ditandai dengan gejala bersin, hidung tersumbat, batuk, mata berair dan gatal.
Bulu Kucing/sumber: Freepik.com

Memiliki hewan peliharaan memang menjadi hiburan tersendiri. Namun ada kalanya hewan peliharaan juga bisa menimbulkan masalah, terutama yang berbulu. Hewan seperti kucing atau anjing dengan bulu halus di tubuhnya bisa menjadi penyebab alergi yang ditandai dengan gejala bersin, hidung tersumbat, batuk, mata berair dan gatal. Bahkan efek lebih buruknya bisa membuat sulit tidur.

Tidak hanya bulu, hewan peliharaan juga bisa mengancam kesehatan pemiliknya karena urine, air liur sampai keringatnya. Agar tidak terjadi masalah yang lebih serius, sebaiknya batasi kontak langsung dengan hewan peliharaan.

Hewan peliharaan seharusnya diberikan tempat khusus untuk arena bermain tanpa harus terlalu sering berinteraksi dengan pemiliknya. Selain itu, bersihkan kandang hewan peliharaan secara rutin.

3. Jamur

empat tidur yang lembab juga bisa sangat mudah menyebabkan gejala alergi seperti bersin-bersin karena di sana orang banyak menghabiskan waktu.
Jamur/sumber: Freepik.com

Atap rumah yang bocor juga bisa menjadi pemicu alergi dan bersin-bersin. Air masuk yang membasahi bagian dalam rumah bisa menciptakan kelembapan yang menjadi tempat favorit jamur untuk tumbuh dan berkembang. Tempat tidur yang lembab juga bisa sangat mudah menyebabkan gejala alergi seperti bersin-bersin karena di sana orang banyak menghabiskan waktu.

Agar kelembaban di dalam rumah bisa berkurang, disarankan untuk memasang filter HEPA (high efficiency particulate air). Alat tersebut bisa menghilangkan jamur yang sudah menumpuk dalam waktu lama.

Selain HEPA, alat lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur adalah dehumidifier. Benda-benda using seperti buku atau koran lama sebaiknya disingkirkan dari dalam rumah. Menjaga kealamian tanaman organik juga bisa mencegah gejala alergi.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id