sign up SIGN UP

Sering Dikekang Orang Tua? Ini Dia Cara Menghadapi Strict Parents

Octavia Tunggal Dewi | Senin, 11 Oct 2021 13:30 WIB
Sering Dikekang Orang Tua? Ini Dia Cara Menghadapi Strict Parents
Memiliki orang tua yang strict terkadang membuat sulit berkembang sesuai keinginan kita. Lalu, bagaimana cara menghadapi strict parents? (Foto: Freepik.com/Bristekjegor)
Jakarta -

Strict parents merupakan tipe orang tua yang cenderung mengekang dan mengatur kehidupan anaknya sesuai dengan keinginannya. Menghadapi orang tua yang strict tentu tidaklah mudah, karena kamu sulit untuk bebas dan berpendapat dan terkadang dapat membuat frustasi. 

Lalu bagaimana cara menghadapi strict parents? Beauties, berikut beberapa cara menghadapi orang tua yang strict parents.

1. Me Time

Luangkan waktu untuk me time
Me Time/Foto: Freepik.com/Ijeab

Kamu bisa meluangkan waktumu untuk me time sejenak mengistirahatkan pikiran agar lebih rileks demi menjaga kesehatan mental kamu. Me time membantu kamu untuk lebih sabar menghadapi strict parents yang kamu miliki seperti dengan jalan-jalan, shopping, atau sekedar menghirup udara segar di taman.

2. Mengalihkan Pembicaraan ke Arah Positif

Mengalihkan pembicaraan ke arah positif
Mengalihkan Pembicaraan ke Arah Positif/Foto: Freepik.com/Karlyukav

Di saat orang tua kamu sedang melarang atau menuntut kamu untuk mengikuti keinginannya tetapi itu bukan hal yang menjadi pilihan kamu, maka kamu dapat mengalihkan pembicaraan ke hal lain yang positif. Sebab, hal itu lebih baik daripada kalian harus saling berdebat dan memicu emosi.

3. Menjelaskan Secara Perlahan

Menjelaskan secara perlahan
Menjelaskan Secara Perlahan/Foto: Freepik.com/Gpointstudio

Cara mengatasi strict parents juga dapat dengan memberikan penjelasan secara perlahan. Kamu dapat memberikan pendapat serta memberitahu mereka bahwa pilihan kamu juga tidaklah buruk agar mereka dapat lebih memahami. Dengan begitu, mereka berpeluang untuk berpikir dan kesempatan menentukan pilihan hidup kamu.

4. Memanfaatkan Kepercayaan

Memanfaatkan kepercayaan
Memanfaatkan Kepercayaan/Foto: Freepik.com/Freepik

Cara menghadapi orang tua yang strict berikutnya yaitu dengan memanfaatkan kepercayaan. Jika orang tuamu memberi kesempatan kamu untuk hidup atau menentukan pilihan kamu sendiri maka manfaatkan kepercayaan yang mereka berikan sebaik mungkin, karena jika kepercayaan sudah dirusak, mereka akan sulit untuk percaya lagi terhadap kamu.

5. Bersabar

Cara lain menghadapi orang tua yang strict yaitu dengan bersabar. Belajar untuk menerima kenyataan bahwa kamu memiliki orang tua yang strict. Ambil sisi positif, karena sejatinya mereka melakukan hal tersebut karena sangat menyayangi kamu dan tidak ingin sesuatu terjadi kepada anaknya.

6. Jangan Memaksa Orang Tua Untuk Berubah

Jangan memaksa orang tua untuk berubah
Jangan Memaksa Orang Tua untuk Berubah/Foto: Freepik.com/Peoplecreations

Kamu tidak bisa memaksa orang tua kamu untuk berubah menjadi orang tua seperti yang kamu inginkan. Akan lebih baik jika kamu fokus pada dirimu dan passion-mu. Tak ada salahnya untuk mencari dukungan dari pihak luar, seperti sahabat atau komunitas.

Nah beauties, itu dia beberapa tips untuk kamu yang memiliki strict parents. Memang memiliki orang tua yang strict terkadang membuat langkah terbatas. Namun, kamu harus ingat, meskipun orang tua kamu termasuk strict parents tetapi mereka tetap orang tua yang harus kamu sayangi dan hormati, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id