sign up SIGN UP

LIFE

4 Hal Berikut Gak Boleh Dilakukan Setelah Tambal Gigi, Catat ya!

Izzul Millati Umami | Rabu, 13 Jan 2021 13:00 WIB
4 Hal Berikut Gak Boleh Dilakukan Setelah Tambal Gigi, Catat ya!
caption
Jakarta -

Ladies, banyak orang yang mengeluhkan sakit gigi. Yups, sakit gigi menyebabkan rasa nyeri  hingga ngilu tak tertahankan. Salah satu penyebab umum sakit gigi adalah adanya gigi berlubang.

Penumpukan bakteri pada mulut, tidak menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, dan terlalu sering mengkonsumsi makanan manis adalah satu dari banyak penyebab gigi berlubang. Umumnya, masalah tersebut akan diatasi dengan cara menambal gigi.

Namun setelah itu,ladies harus tetap berhati-hati dalam merawat gigi yang ditambal. Bahkan, ada beberapa hal yang dilarang agar penambalan gigi berhasil dan tidak menyebabkan rasa sakit. Lantas, apa saja hal yang tidak boleh dilakukan usai tambal gigi. Berikut penjelasannya, Yuk simak!

Makan dan Berkumur

makan dan berkumur
makan dan berkumur/sumber:unsplash.com

Usai tambal gigi, ladies tak boleh langsung makan dan berkumur. Ladies harus memberi jeda waktu hingga beberapa jam agar tambalan gigi menjadi padat dan mengeras dengan sempurna baru ladies bisa makan. Namun, jangan mengunyah makanan terlalu keras, ladies. Hal ini dapat membuat tambalan gigi terlepas jika tidak berhati-hati.

Jangan Gunakan Gigi yang Baru Ditambal Untuk Mengunyah

mengunyah
mengunyah/sumber:unsplash.com

Mengunyah menggunakan gigi yang baru saja ditambal adalah hal yang dilarang. Alasannya adalah gigi yang baru ditambal masih belum terlalu padat sempurna dan terasa sensitif. Jika digunakan mengunyah besar kemungkinan akan merusak dan mengikis tambalan gigi.

Untuk mengatasinya, ladies bisa menggunakan sebagian gigi yang lain untuk mengunyah. Setelah gigi tambalan terbentuk sempurna ladies boleh gunakan untuk mengunyah.

Memainkan Tambalan Gigi

memainkan gigi
memainkan gigi/sumber:unsplash.com

Banyak orang yang tak nyaman dan risih usai menambal gigi untuk pertama kalinya. Dengan mudah, mereka sering menyentuh tambalan gigi dengan menggunakan lidah, tusuk gigi, hingga tangan. Tentu saja, hal ini dilarang karena dapat merusak tambalan gigi.

Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Sulit Dikunyah

konsumsi gigi
konsumsi gigi/sumber:unsplash.com

Usai tambal gigi, tidak boleh mengkonsumsi sembarang makanan. Utamanya, makanan yang keras,dan lengket seperti coklat, es, keripik, dan lain-lain. Yups, makanan-makanan tersebut dapat beresiko cepat merusak tambalan gigi.

Alternatif makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang lembut seperti nasi tim atau berbagai macam sayuran. Jangan lupa hindari makanan atau minuman yang panas dan dingin karena tambal gigi masih sensitif.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id