sign up SIGN UP

LIFE

Yuk, Jadi Sehat Mental Bersama 5 Mobile Apps Ini!

Anastasia Martina | Kamis, 15 Oct 2020 21:00 WIB
Yuk, Jadi Sehat Mental Bersama 5 Mobile Apps Ini!
caption
Jakarta -

Tanggal 10 Oktober lalu diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia. Semakin banyak orang yang menyadari bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Nah, beruntunglah kita hidup di era teknologi informasi yang memudahkan kita mengakses layanan kesehatan mental. Berikut ini ada rekomendasi lima mobile apps untuk menjaga kesehatan mental. Apa sajakah itu? Yuk, disimak!

1. Riliv

Aplikasi Riliv
Riliv/apple app store

Riliv didirikan pada tahun 2015 oleh dua mahasiswa asal Surabaya, Audrey Maximillian Herli dan Audy Christopher. Sebagai aplikasi kesehatan mental berkonsep one stop, Riliv memiliki layanan konseling online yang bersifat fleksibel dan efisien. Selain layanan konseling, Riliv juga menyediakan fitur meditasi yang membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan produktivitas.


2. Calm

mental health
Calm/apple app store

Buat Ladies yang mengalami sulit tidur dan gangguan kecemasan, Calm adalah aplikasi yang tepat untuk menjawab permasalahanmu. Sesuai dengan namanya, Calm dapat membantu meredakan insomnia dan merilekskan pikiran melalui konten meditasi dan cerita pengantar tidur. Untuk kamu yang baru memulai meditasi, Calm juga punya program 30 hari yang memandu kamu dalam bermeditasi.

3. Moodfit

moodfit
moodfit/apple app store

Tahukah Ladies bahwa pola tidur dan aktivitas fisik berpengaruh terhadap mood kamu? Kamu bisa mengetahui hubungan antara aktivitas dan mood dengan aplikasi Moodfit. Moodfit hadir dengan konsep journal di mana kamu bisa menginput mood, jam tidur, dan jenis olahraga yang dilakukan. Nanti hasilnya akan tampil dalam bentuk grafik yang menggambarkan perkembangan mood kamu. Uniknya, jenis aktivitas ini bisa diatur sesuai dengan goals yang ingin dicapai. Lengkap, bukan?

4. MoodMission

moodmission
moodmission/apple app store

Meningkatkan mood dengan melakukan misi? Gimana caranya? Nah, cobain dulu, nih aplikasi Moodmission! Awalnya, kamu akan diminta mengisi data mengenai mood kamu. Kemudian, kamu akan diberi lima misi berupa aktivitas yang sesuai dengan mood yang kita rasakan seperti membersihkan kamar atau bermain bersama hewan peliharaan. Menariknya, ada juga penjelasan mengenai tujuan dan dampak aktivitas tersebut terhadap perubahan mood.

5. Happify

happify
happify/apple app store

Bila aplikasi-aplikasi sebelumnya berfokus pada konseling dan meditasi. Happify fokus pada aktivitas dan games yang bertujuan untuk mengatasi pikiran negatif. Happify hadir dengan konsep permainan sederhana dan menghibur untuk menciptakan perasaan bahagia. Seluruh aktivitas di Happify dikembangkan oleh ahli di bidang mindfulness dan positive psychology.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi yang bisa diunduh untuk menjaga kesehatan mentalmu. Jangan lupa untuk memberikan cinta kepada dirimu hari ini, Ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id