sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bisa Sebabkan Uban Muncul di Usia Muda

Ratih Dewi | Sabtu, 25 Sep 2021 06:00 WIB
5 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bisa Sebabkan Uban Muncul di Usia Muda
caption

Uban atau rambut putih biasanya muncul pada akhir usia 30-40 tahun ke atas, faktanya uban juga bisa muncul pada usia muda di bawah 30 tahun dikarenakan beberapa faktor. Faktor yang paling memungkinkan adalah genetik yang tidak bisa kita hindari kemunculannya. 

Selain itu, faktor lain seperti kebiasaan sehari-hari yang mungkin tidak kita sadari bisa menjadi pemicu munculnya uban lho, Beauties. Di usia muda, uban yang muncul kerap membuat kita tidak percaya diri dan mengganggu penampilan rambut hitam yang sehat. 

Nah, buat Beauties yang belum berusia 30 tahun tapi sudah muncul uban, yuk kita simak artikel dibawah ini: 

1. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan Merokok
Kebiasaan Merokok/Foto : pexels.com/cottonbro

Merokok memberikan banyak pengaruh buruk untuk tubuh, seperti risiko kanker paru-paru, penyakit jantung, dan gangguan kesehatan lainnya. Melansir dari laman Healthline, sebuah studi dari 107 subjek menemukan hubungan antara uban muncul sebelum usia 30 tahun dan merokok. 

Merokok akan menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke folikel rambut yang bisa menyebabkan rambut menjadi putih lebih awal dan racun pada rokok juga membuat rambut mudah rontok.

2. Kurang Asupan Vitamin B-12

Kurang Asupan Vitamin B-12
Kurang Asupan Vitamin B-12/Foto : pexels.com/Anna Shvets

Vitamin B-12 memiliki peran penting untuk membantu sel darah merah membawa oksigen ke sel-sel pada tubuh, termasuk sel-sel yang ada di rambut. Kurangnya asupan vitamin B-12 akan melemahkan sel-sel pada rambut yang memproduksi melanin yang mengurangi pertumbuhan dan warna rambut. 

Melansir dari laman NHS, orang dewasa membutuhkan sekitar 1,5 mikrogram vitamin B-12 per hari. Makanan yang mengandung vitamin B-12 bisa didapatkan dari daging, keju, telur, ikan, dan susu.

3. Terpapar Sinar Matahari Terlalu Lama

Terpapar Sinar Matahari Terlalu Lama
Terpapar Sinar Matahari Terlalu Lama/Foto : freepik.com/Andrea Piacquadio

Buat Beauties yang banyak melakukan aktivitas di luar dan rambutnya sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan harus berhati-hati, ya. Sinar UV matahari tidak hanya buruk untuk kulit tetapi juga rambut, demikian seperti dilansir dari laman Pulse. 

Gunakan topi, payung, atau pelindung rambut lainnya untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari yang terlalu lama. Efek dari sinar UV matahari pada rambut bisa membuat rambut kering, mudah rontok, dan muncul uban.

4. Jarang Menggunakan Minyak Rambut

Jarang Menggunakan Minyak Rambut
Jarang Menggunakan Minyak Rambut/Foto : pexels.com/cottonbro

Minyak rambut atau hair oil adalah salah satu produk perawatan rambut yang harus kita perhatikan pemakaiannya ya, Beauties. Tidak hanya membuat rambut lebih mudah diatur, sehat, dan berkilau, tetapi juga mencegah uban muncul lebih awal. 

Melansir dari laman Times Now News, rutin menggunakan minyak rambut sebelum keramas dan memberikan pijatan-pijatan lembut bisa memperlancar sirkulasi darah di kepala dan membuat rambut menjadi lebih sehat. 

5. Kandungan Kimia pada Produk Rambut

Kandungan Kimia pada Produk Rambut
Kandungan Kimia pada Produk Rambut/Foto : pexels.com/murat esibatir

Perhatikan juga produk perawatan rambut lainnya seperti shampo, kondisioner, atau cat rambut yang digunakan, apakah mengandung bahan kimia yang keras atau tidak. Melansir dari laman CNN Indonesia, salah satu produk yang merusak rambut adalah cat rambut

Kandungan kimia seperti hidrogen peroksida yang memicu uban muncul pada usia muda. Buat Beauties yang sering mewarnai rambut, perhatikan juga produk perawatan setelahnya, ya. Seperti menggunakan shampo dan kondisioner untuk rambut berwarna, juga hair serum untuk membuat rambut lebih sehat.

-------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id